Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

MEMBERI WARNA DESA, MEMBERI WARNA INDONESIA

01 September 2021 13:33:42  Administrator  398 Kali Dibaca  Berita Desa

Karang Taruna Merpati Kusuma Kalurahan Kebonharjo bersama Pemerintah Kalurahan Kebonharjo mengadakan lomba pengecatan dan lomba pidato bahasa jawa untuk memperingati Hari Kemerdekaan Repubik Indonesia ke-76. Dimasa pandemi yang belum berakir ini, panitia lomba mengadakan lomba secara daring. Adapun lomba di ikuti oleh 10 pedukuhan yang berada di Kalurahan Kebonharjo, yaitu : Kleben, Kedunggupit, Kaliduren, Jarakan, Gowok, Dangsambuh, Pelem, Gebang, Pringtali dan Jeringan. Lomba pengecatan diikuti oleh setiap pedukuhan. Pemerintah Kalurahan Kebonharjo memberikan bantuan berupa cat berwarna putih, kuning, dan hijau kepada 10 pedukuhan . Pemilihan warna kuning dan hijau merupakan warna identitas Kabupaten Kulon Progo.

Lomba Pengecatan disasarkan untuk mengecat tugu, jembatan, dan gardu guna memberi warna kembali sehingga perayaan kemerdekaan semakin meriah. Setiap pedukuhan mengirimkan video hasil pengecatan kepada panitia yang berisikan konsep pengecatan yang dilakukan. Sedangkan untuk lomba pidato bahasa jawa, setiap pedukuhan mengirimkan 1 video pidato. Peserta dengan kategori usia 14-30 tahun. Tema yang diangkat yaitu “Memaknai Kemerdekaan Dimasa Pandemi”. Lomba ini dilaksanakan pada 12-16 Agustus 2021 dan penilaian hasil lomba dilaksanakan 18 Agustus 2021 di Pendopo Kalurahan Kebonharjo.

Hasil penilaian dewan juri terhadap lomba pengecatan yaitu Juara 1 diraih Padukuhan Kedunggupit; Juara 2,  Padukuhan Kaliduren dan Juara 3, disabet oleh Padukuhan Kleben. Juara 1 lomba pidato Bahasa jawa, saudara Fransiska dari Padukuhan Pelem, saudara Galih Samekto dari Padukuhan Kleben meraih juara 2, dan saudara Nia dari Padukuhan Pringtali menduduki juara 3. Pembagian hadiah berupa piala, sertifikat dan uang pembinaan dilaksanakan di Kebon Kemping, pada Minggu, 29 Agustus 2021.

“Bentuk karya nyata dalam mengisi hari kemerdekaan ke-76 ini, Karang Taruna Merpati Kusuma mengadakan lomba meskipun dimasa pandemi sehingga  diadakan secara daring untuk mencegah dan mengurangi penularan covid-19. Meskipun dilakukan di masa pandemi, panitia sangat bangga dengan antusiasme para peserta lomba,” ungkap Aji Prasetyo koordinator pelaksanaan lomba.

“Semoga dengan adanya lomba secara daring ini dapat menjadi sebuah ajang yang baik untuk mengembangkan potensi yang ada dan meningkatkan rasa kebersamaan dan penguatan kelembagaan antar karang taruna padukuhan se-Kalurahan Kebonharjo, menuju Kebonharjo MONCER,” tambah Aji.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:249
    Kemarin:291
    Total Pengunjung:291.338
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:34.204.3.195
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID