Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Pemerintah Kalurahan Kebonharjo Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dengan MakBYu

01 November 2021 09:10:43  Administrator  411 Kali Dibaca  Program Kerja

Pemerintah Kalurahan Kebonharjo bersama Puskesmas Samigaluh II kembali melakukan  kampanye Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) dengan MakBYur (Makan Buah dan Sayur). Sebelumnya, kegiatan serupa juga dilakukan dalam kegiatan Kelas Ibu Hamil, Konseling Terpadu, dan Pembinaan Remaja Pranikah. 

Kali ini kegiatan dilaksanakan bersamaan dengan vaksinasi massal yang diselenggarakan  Pemerintah Kalurahan Kebonharjo bersama SONJO, Loro Blonyo, dan IDEA Yogyakarta serta  didukung oleh Koramil dan Puskesmas Samigaluh II.

Secara umum Germas bertujuan menurunkan beban penyakit masyarakat, terutama penyakit tidak menular. Germas meliputi 7 pilar, antara lain: melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengonsumsi minuman beralkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban. Salah satu fokus Germas saat ini adalah konsumsi sayur dan buah. 

Pada kesempatan tersebut panitia menyediakan door prize berupa paket sayuran dan buah-buahan yang dibagikan Promkes Puskesmas Samigaluh II  kepada warga yang beruntung, terutama balita dan lansia. Sayuran dan buah-buahan disuplai KWT di wilayah Kalurahan Kebonharjo. 

Kebonharjo yang berlokasi di pegunungan dan sebagian besar warga hidup dari hasil pertanian sangat mungkin untuk mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari. Namun demikian edukasi tidak pernah berhenti dilakukan agar warga selalu mengonsumsi buah dan sayur. 

Keberhasilan Germas merupakan tanggung jawab semua pemangku kepentingan terkait, oleh karena itu membutuhkan kerjasama lintas sektor dan lintas program. (*)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:216
    Kemarin:2.795
    Total Pengunjung:305.945
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:13.59.36.203
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID