Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Kebonharjo Masuk Nominator Ajang SIPENTAS JAWARAKU Tahun 2021

04 Oktober 2021 10:35:45  Administrator  1.056 Kali Dibaca  Program Kerja

Sehubungan dengan Penilaian Akuntabilitas dan Kinerja Pemerintahan Kalurahan Tahun Anggaran 2020 yang dinilai pada tahun 2021 untuk seluruh kalurahan/desa diminta untuk mengisi form penilaian yang ada dalam aplikasi Si Pentas JawaraKU (Sistem Penilaian Akuntabilitas dan Kinerja Pemerintahan Kalurahan se-Kulon Progo) sesuai dengan indikator yang tersedia. Pelaksanaan entry untuk kalurahan telah dilakukan tanggal 24 s.d 29 Agustus dan verifikasi oleh kapanewon tanggal 30 s.d 31 Agustus 2021.

Akumulasi nilai akuntabilitas Penyelenggaraan Pemerintahan Kalurahan Kebonharjo pada aplikasi SIPENTAS JAWARAKU masuk dalam tujuh besar tingkat Kabupaten sehingga memperoleh jadwal kunjungan Tim Visitasi dan Verifikasi Data/dokumen Akuntabilitas Penyelenggaraan Pemerintah Desa pada Kamis, 30 September 2021. Enam kalurahan lain yang masuk tujuh besar yaitu Karangsari, Ngargosari, Gerbosari, Salamrejo, Sidorejo dan Giripeni.

Dalam upacara penyambutan tim di Pendopo Kalurahan Kebonharjo, Rohmad Ahmadi selaku Lurah Kebonharjo memaparkan secara singkat Penyelenggaraan Pemerintahan Kalurahan tahun 2020 dan tahun 2021 yang ditampilkan dalam website kalurahan. "Sebagai wujud keterbukaan informasi publik, segala informasi terkait penyelenggaraan pemerintahan Kalurahan telah kami tampilkan melalui website desa yang dapat diakses oleh semua orang khususnya warga Kebonharjo dan pemerintah atasan. Beberapa informasi yang kami sajikan dalam web meliputi profil Kalurahan, pemerintahan Kalurahan, kontak pemerintah Kalurahan, data Kalurahan, PPID, Siaga Covid 19, Inovasi Desa, Lembaga Kemasyarakatan Kalurahan, Kerjasama dengan Pihak Ketiga, Evaluasi dan Monitoring , Siaga Bencana, dan Pilihan Lurah (Pilur) 2021. Dalam web kami juga menampilkan laporan keuangan real time serta beberapa informasi penting lainnya” ungkap Rohmad.  

Upacara penyambutan tim verifikasi menghadirkan panewu Samigaluh, seluruh pamong kalurahan, anggota BPK, Babinsa Bhabinkamtibmas, dan perwakilan Lembaga kemasyarakatan kalurahan yang telah mendukung seluruh pencapaian kinerja penyelengaraan pemerintah dengan baik.

Wiwin Widyastuti sekretaris Dinas PMD Dalduk dan KB Kabupaten Kulon Progo menyampaikan apresiasi luar biasa untuk pemaparan penyelenggaraan pemerintahan Kalurahan Kebonharjo. "Pemaparan Pak Lurah sudah menjawab seluruh indikator yang akan kami verifikasi. Tapi kami tetap akan minta bukti data/dokumen terhadap 8 (delapan) indikator yang telah diisi pihak kalurahan di aplikasi SIPENTAS JAWARAKU", ujar Wiwin. Tim melakukan verifikasi di seluruh ruangan Kantor Pemerintah Kalurahan dan menanyakan kepada pihak penyelenggara pemerintahan jika ada data yang kurang lengkap. Tim juga langsung memberikan masukan, saran, dan perbaikan sekiranya terdapat dokumen yang belum sempurna.

“Saya bangga terhadap Pemerintah Kalurahan Kebonharjo terhadap gebyaran luar yang sesuai perkembangan. Apresiasi kepada pamong, BPK, dan Lembaga kemasyarakatan Kalurahan yang sudah bagus dan luar biasa dalam penyelenggaraan pemerintah Kalurahan. Ajang SiPentas JawaraKU selain sebagai media evaluasi juga sebagai wujud pembinaan kami terhadap pemerintah kalurahan. Perlu diketahui dari 7 kalurahan yang kami kunjungi akan diputuskan juara 1-3 untuk memperoleh reward berupa tambahan dana transfer sumber ADD. Terakhir saya berpesan Kebonharjo harus mampu menaikkan angka IDM dengan status desa maju menjadi desa mandiri,” ungkap Jumarna selaku Ketua tim verifikasi dan visitasi pada upacara penutupan.

Panewu Samigaluh, Ridwan Usman menilai apa yang ditampilkan oleh Kalurahan Kebonharjo sudah sangat maksimal.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:330
    Kemarin:532
    Total Pengunjung:308.076
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.140.185.147
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID