Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

KWT Mekar Sari Kaliduren Ikuti Sosialisasi Pengelolaan Pekarangan Pangan Lestari secara Online

20 Juni 2020 12:53:27  Administrator  420 Kali Dibaca  Berita Desa

Dinas Pertanian dan Pangan Daerah Istimewa Yogyakarta mengadakan sosialisasi Pengelolaan Pekarangan Pangan (P2L) untuk kelompok wanita tani (KWT) baik tahap penumbuhan maupun tahap perkembangan yang diadakan dalam meeting zoom pada 11 Juni 2020 lalu. KWT Mekarsari Kaliduren masuk tahap pertumbuhan ikut serta menjadi peserta sosialisasi. Beberapa KWT di Samigaluh baik tahap perkembangan maupun tahap pertumbuhan mengikuti meeting zoom dengan  berkumpul di BPP Samigaluh, karena tersedianya peralatan yang menunjang serta sinyal kuat dan lancar. 

 

Pemateri, Kurnianita Triwidyastuti dari Balai Pengajian Teknologi Pertanian Yogyakarta 2020 menjelaskan fungsi dari pekarangan sebagai fungsi ekonomis yang bisa memenuhi kebutuhan manusia dan juga fungsi non ekonomis yang dimanfaatkan secara tidak langsung bisa sebagai lumbung hidup, warung hidup, tabungan, dan juga estetika. Intinya untuk menambah gizi keluarga, menghemat pengeluaran rumah tangga dan menambah pendapatan keluarga. 

Penataan lahan pekarangan dari segi pemeliharaan tanaman, pengelolaan lahan, penentuan tata letak tanam dan juga ketentuan jenis tanaman. Display tanamaan mengakomodasikan sebagai fungsi pekarangan. 

Pilar utama keberhasilan P2L dari infrastruktur, peran tokoh masyarakat, ketersediaan bibit, dukungan pemerintah daerah juga partisipasi masyarakat. Strategi P2L meliputi perencanaan yang baik, estetika, model budidaya yang tepat, partisipasif, penguatan kelembagaan dan pengaturan pola dan rotasi tanaman. 

Suparjana menyampaikan tentang sistem irigasi tetes. Bagaimana di segala musim bisa menanam walaupun kemarau panjang. Dengan menggunakan bak penampung air yang tingginya 5 meter dari dasar tanah dialirkan ke pipa primer dan skunder. Sehingga kebutuhan air tetap tercukupi. Hal ini bisa menjadi hobby yang menghasilkan.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan DIY berpesan walaupun dalam suasana pandemi covid 19,  ketahanan pangan tetap terjaga. Diinformasikan pula akan ada monitoring evaluasi administrasi dan kunjungi lokasi dari dinas ke lokasi KWT. Dijadwalkan untuk monev ke KWT Mekar Sari pada tanggal 17 juni 2020 pukul 10.30 - 11.30 WIB.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:334
    Kemarin:291
    Total Pengunjung:291.423
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:54.163.221.133
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID