Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Kirab Merti Dusun Dangsambuh Kebonharjo

14 Maret 2020 20:42:46  Administrator  452 Kali Dibaca  Berita Desa

Merti dusun oleh warga Padukuhan Dangsambuh Kalurahan Kebonharjo dilakukan sebagai wujud syukur dan permohonan kepada yang kuasa. Acara digelar pada Sabtu Wage, 14 Maret 2020 di rumah Dukuh Dangsambuh Tumidjan.

Siang hari mulai jam 10.00 WIB, seluruh warga Dangsambuh melakukan kirab tumpeng dengan berjalan kaki dan mengenakan pakaian jawa gagrak Ngayogyakarta. Berbagai peralatan pertanian seperti cangkul dan sabit dibawa peserta kirab untuk menggambarkan bahwa warga Dangsambuh sebagian besar bermatapencaharian petani. Titik awal kirab dimulai dari pertigaan depan rumah Untung, melewati jalan lingkar RT, dan berakhir di rumah Dukuh. Kirab dipimpin oleh Dukuh dengan pengawalan Babinsa Kebonharjo. Hadir pula dalam kegiatan, perwakilan Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Kulon Progo, Bapak Sumardi.


Dalam sambutannya Sumardi menyampaikan pesan kepada warga Dangsambuh untuk meningkatkan kegiatan kebudayaan sebagai wujud jati diri Kulon Progo guna menunjang adanya bandara internasional di Kulon Progo. "Saya mendapat informasi bahwa Dangsambuh memiliki kelompok "encling", mari digerakkan lagi kegiatannya," ungkapnya.

Kegiatan merti dusun Dangsambuh merupakan salah satu implementasi misi Kalurahan Kebonharjo guna mewujudkan warga yang berbudaya luhur berdasarkan gotong royong dan kekeluargaan. Hal ini disampaikan oleh Dwi Budiatun Carik Kebonharjo dalam sambutannya. "Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Dangsambuh yang telah mampu menyelenggarakan Merti dusun tahun ini. Meskipun memiliki jumlah penduduk yang sedikit tapi dengan semangat gotong royong dan kebersamaan, kegiatan merti dusun dapat terselenggara," tambah Dwi.

Selain kirab tumpeng dan kembul bujono, pada malam harinya diadakan pentas wayang kulit dengan dalang Anom Sucondro dari Jatimulyo Kulon Progo.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:103
    Kemarin:488
    Total Pengunjung:303.037
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.222.39.205
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID