Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Rumah Desa Sehat Kebonharjo selenggarakan Parenting PAUD Kelas Bapak

22 Maret 2020 10:43:18  Administrator  400 Kali Dibaca  Berita Desa

Salah satu tindakan preventif yang dilakukan Rumah Desa Sehat (RDS) Kebonharjo dalam penanggulangan stunting adalah menyelenggarakan parenting PAUD Kelas Bapak dengan menggandeng lembaga PAUD yang ada. Parenting menyasar bapak yang memiliki anak usia 0-6 tahun.

Kegiatan ini pertama terselenggara pada Kamis, 19 Maret 2020 di Lembaga PAUD Fajar Imani Kaliduren. Peserta parenting dari Padukuhan Gowok, Jarakan, Kaliduren, Kleben, dan Dangsambuh. Terdapat 2 Lembaga PAUD di wilayah tersebut yakni KB Pijar Abadi dan KB Fajar Imani.

Lurah Kebonharjo Rohmad Ahmadi menyampaikan pesan agar seorang ayah senantiasa dekat dengan anak dan bahu membahu bersama istri dalam mendidik anak. "Ditengah kesibukan mencari nafkah tetap luangkan waktu untuk bermain dengan anak," tambahnya.

Ari Sulistyo S.Pd.T selaku narasumber memberikan materi tentang pola asuh ayah terhadap anak. "Biarkan anak bebas bermain namun tetap dalam pendampingan orang tua. Karena anak usia 0-6 tahun itu butuh pendampingan, anak bertanya kita jawab sesuai dgn bahasa yg mudah dipahami anak. Kalau kita sebagai orang tua sering mendengarkan cerita keluh kesah anak maka nanti anak setelah dewasa anak akan lebih terbuka," papar Ari.

Terdapat lima prinsip peran ayah dalam pengasuhan yaitu memberikan teladan, membiasakan perilaku yang baik, komunikasi positif, disiplin positif, dan memastikan tanpa kekerasan. "Hargai anak dengan pujian. Semoga Alloh memudahkan langkah kita dalam mendidik dan mengasuh anak-anak sehingga mereka menjadi pribadi yang shaleh dan shalehah," tutur Ari memberikan motivasi kepada seluruh peserta.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:2.661
    Kemarin:488
    Total Pengunjung:305.595
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.227.161.226
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID