Visi Terwujudnya Desa Kebonharjo yang mandiri dan berbudaya luhur berdasarkan gotong royong dan kekeluargaan          Misi (1) Mewujudkan perekonomian mandiri dengan mengembangkan potensi sumber daya manusia dan budaya lokal .(2) Mengembangkan kepribadian masyarkat melalui pengembangan spiritual keagamaan dan budaya dengan mengedepankan heterogenitas. (3) Mewujudkan pemerintahan yang sehat, bersih dan berwibawa. (4)Mewujudkan kualitas hidup masyarkat yang maju, sejahtera dan berprestasi melalui pengembangan kelembagaan desa dan kelompok masyarakat

 

Konseling Terpadu RDS Kebonharjo

Administrator 18 Maret 2020 13:02:54

Salah satu kegiatan Rumah Desa Sehat (RDS) Kebonharjo adalah konseling terpadu bagi orang tua yang memiliki balita stunting dan ibu hamil se-Kalurahan Kebonharjo. Dengan memilih tempat di POSKESDES, konseling terpadu triwulan pertama diselenggarakan pada Selasa, 17 Maret 2020. Kegiatan menyasar dua puluh enam (26) balita dan tiga belas (13) ibu hamil.

Seluruh peserta konseling memperoleh layanan pengukuran berat badan, tinggi badan, penyuluhan tumbuh kembang anak, konseling gizi, dan Pemberian Makanan Tambahan (PMT). Pengukuran berat badan dan tinggi badan dilakukan oleh Sarjini salah satu Kader Yandu. Siti Nuryati Kader Pembangunan Manusia (KPM) menyampaikan tentang tumbuh kembang anak.

Konseling gizi bersama bidan desa Tyas Ningrum dan ahli gizi Puskesmas 2 Samigaluh Siti Qodariyah dilakukan satu per satu dalam ruangan yang terpisah agar peserta konseling bisa lebih terbuka untuk berkonsultasi dan tenaga medis dapat menjaga kerahasiannya.

Konseling dengan balita menurut usia, frekuensi pemberian jumpa makanan, tekstur, variasi, dan kebersihan makanan. "Konseling sudah menekankan untuk gizi seimbang tetapi mengenai perubahan perilaku tidak segampang membuat jalan aspal. Marilah kita pelan tapi gesit untuk menggalakkan pola hidup bersih dan sehat khususnya yang berpengaruh pada ibu hamil dan balita," ujar Tyas.

"Pemberian makanan tambahan kami berikan dalam wujud ikan segar untuk menggalakkan program Gemari (gemar makan ikan)," ucap Dwi Budiatun Carik Kebonharjo selaku koordinator RDS. "Jika di tahun sebelumnya pembiayaan acara penanggulangan stunting kami masih menggandeng beberapa CSR, tapi tahun ini penanganan stunting termasuk salah satu prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2020. Jadi acara konseling terpadu hari ini seluruhnya dibiayai dari APBDes Kebonharjo Tahun Anggaran 2020," tambahnya.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Lurah Carik Panata Laksana Sarta Pangripta Danarta Ulu-Ulu Kamituwa Staff Desa Staff Desa

Sinergi Program

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterYouTube

Lokasi Kantor Kalurahan

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung