Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Konseling Terpadu RDS Kebonharjo

18 Maret 2020 13:02:54  Administrator  453 Kali Dibaca  Berita Desa

Salah satu kegiatan Rumah Desa Sehat (RDS) Kebonharjo adalah konseling terpadu bagi orang tua yang memiliki balita stunting dan ibu hamil se-Kalurahan Kebonharjo. Dengan memilih tempat di POSKESDES, konseling terpadu triwulan pertama diselenggarakan pada Selasa, 17 Maret 2020. Kegiatan menyasar dua puluh enam (26) balita dan tiga belas (13) ibu hamil.

Seluruh peserta konseling memperoleh layanan pengukuran berat badan, tinggi badan, penyuluhan tumbuh kembang anak, konseling gizi, dan Pemberian Makanan Tambahan (PMT). Pengukuran berat badan dan tinggi badan dilakukan oleh Sarjini salah satu Kader Yandu. Siti Nuryati Kader Pembangunan Manusia (KPM) menyampaikan tentang tumbuh kembang anak.

Konseling gizi bersama bidan desa Tyas Ningrum dan ahli gizi Puskesmas 2 Samigaluh Siti Qodariyah dilakukan satu per satu dalam ruangan yang terpisah agar peserta konseling bisa lebih terbuka untuk berkonsultasi dan tenaga medis dapat menjaga kerahasiannya.

Konseling dengan balita menurut usia, frekuensi pemberian jumpa makanan, tekstur, variasi, dan kebersihan makanan. "Konseling sudah menekankan untuk gizi seimbang tetapi mengenai perubahan perilaku tidak segampang membuat jalan aspal. Marilah kita pelan tapi gesit untuk menggalakkan pola hidup bersih dan sehat khususnya yang berpengaruh pada ibu hamil dan balita," ujar Tyas.

"Pemberian makanan tambahan kami berikan dalam wujud ikan segar untuk menggalakkan program Gemari (gemar makan ikan)," ucap Dwi Budiatun Carik Kebonharjo selaku koordinator RDS. "Jika di tahun sebelumnya pembiayaan acara penanggulangan stunting kami masih menggandeng beberapa CSR, tapi tahun ini penanganan stunting termasuk salah satu prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2020. Jadi acara konseling terpadu hari ini seluruhnya dibiayai dari APBDes Kebonharjo Tahun Anggaran 2020," tambahnya.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:62
    Kemarin:418
    Total Pengunjung:291.569
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.90.242.249
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID