Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

SD Muhammadiyah Kebonharjo Mewariskan Seni Budaya Jawa pada Pewarisnya

13 Maret 2020 08:22:12  Administrator  359 Kali Dibaca  Berita Desa

Generasi kita berhak atas warisan seni budaya luhur bangsa ini. Kepada mereka estafet kebudayaan akan dilanjutkan dan sejak hari ini pula kita berkewajiban mengajarkannya. Kolaborasi antar berbagai pihak menjadi kunci keberhasilannya. Adalah SD Muhammdiyah Kebonharjo yang sudah hampir 2 tahun ini melatih anak didiknya mengenal kembali seni budaya kerawitan, tari tradisonal, dan seni dolanan anak. Dengan memanfaatkan gamelan milik desa yang saat ini dipergunakan kelompok kethoprak Ngesti Budaya di Padukuhan Kaliduren.


Latihan yang diselengarakan SD Muhammadiyah telah melahirkan karya yang telah dipentaskan di event Kalurahan Kebonharjo. Di hadapan wakil Bupati Kulon Progo pada acara Bulan Bakti Gotong Royong mampu menampilkan karya kerawitan dan tari tradisional pada bulan Mei 2019, dan pada bulan Agustus 2019 dihadapan Camat (disebut Panewu sekarang) menyambut upacara tilik pedukuhan di Padukuhan Jarakan.


Baru baru ini pada tanggal 7 Maret 2020 SD Muhammadiyah Jarakan mendapat jawilan dari sanggar seni Mahening Budhi pada acara gebyagan seni, menampilkan seni krawitan dan dolanan anak yang merupakan bagian dari ektrakurikuler kemataraman. Penampilan yang sudah dipersiapkan melalui latihan rutin pada tiap hari Jumat dengan asuhan Ibu Sumarsih, S. Pd.


Kegiatan latihan rutin dan pementasan adalah wujud komitmen SD Muhammdiyah Kebonharjo untuk menguri-uri budaya jawa yaitu seni gamelan dan seni tarik suara. Harapannya pendekatan seni akan mampu menumbuhkan nilai dan karakter yang termuat di dalam tembang yang sarat dengan nasehat atau pitutur.

Tatik Purwantari, selaku Kepala Sekolah menyampaikan melalui pesan singkat bahwa budaya jawa kalau tidak kita uri uri nanti akan punah dan juga bisa dipelajari orang asing yang nantinya kita bakal kehilangan. "Siapa lagi kalau bukan kita yang harus melakukan," tandasnya.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:239
    Kemarin:291
    Total Pengunjung:291.328
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.238.228.191
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID