Visi Terwujudnya Desa Kebonharjo yang mandiri dan berbudaya luhur berdasarkan gotong royong dan kekeluargaan          Misi (1) Mewujudkan perekonomian mandiri dengan mengembangkan potensi sumber daya manusia dan budaya lokal .(2) Mengembangkan kepribadian masyarkat melalui pengembangan spiritual keagamaan dan budaya dengan mengedepankan heterogenitas. (3) Mewujudkan pemerintahan yang sehat, bersih dan berwibawa. (4)Mewujudkan kualitas hidup masyarkat yang maju, sejahtera dan berprestasi melalui pengembangan kelembagaan desa dan kelompok masyarakat

 

Rumah Desa Sehat Kebonharjo Lakukan Rapat Koordinasi Pertama

Administrator 07 Maret 2020 10:58:25

Rumah Desa Sehat (RDS) merupakan lembaga desa yang fokus dalam upaya pencegahan stunting dengan melibatkan kader POSYANDU, Guru PAUD, Kader Kesehatan, Unit Layanan Pendidikan, Kader PKK, karang taruna, dan tokoh masyarakat. Kebonharjo telah membentuk RDS sejak tahun 2019 dengan susunan pengurus berdasarkan rembug stunting di Bulan Juni 2019. Kesekretariatan berada di POSKESDES Kebonharjo yang berlokasi di Jeblogan Gebang.

Rabu, 4 Maret 2020 di Balai Kalurahan Kebonharjo pengurus RDS telah menyelenggarakan rapat koordinasi yang pertama di tahun 2020 dengan pembiayaan dari APBDes Kebonharjo. "Rapat koordinasi kali ini difokuskan untuk pembahasan kegiatan RDS yang telah dianggarkan dalam APBDes 2020. Penanganan stunting merupakan salah satu prioritas penggunaan Dana Desa. Kegiatan dalam RDS difokuskan untuk meningkatkan scorecard konvergensi stunting, yang mana laporan scorecard ini sebagai salah satu syarat pencairan Dana Desa Tahap 2," jelas Dwi Budiatun Carik Kebonharjo selaku koordinator RDS.

Waljiyanto, pendamping desa memberikan apresiasi bagi Kebonharjo karena menyelenggarakan pertemuan RDS yang pertama se-Kapanewon Samigaluh. "Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus RDS Kebonharjo yang telah melakukan koordinasi pada kesempatan kali ini, semoga program desa tahun ini terkait penanganan stunting dapat terealisasi dengan kerjasama RDS dan Kader Pembangunan Manusia (KPM)," tambahnya. Pada kesempatan yang sama, Walji menyarankan rembug stunting diselenggarakan Bulan April dan perlu adanya focused group discussion (FGD) atau diskusi kelompok terarah tentang konfergensi penanganan stunting tahun 2021.

Kegiatan RDS yang telah dianggarkan dalam APBDes Kebonharjo TA 2020 terdiri dari:
1. Kegiatan Rembug Stunting
2. Kegiatan Parenting PAUD kelas Bapak dilakukan 4 kali/ tahun.
3. Kegiatan Pelatihan Pemberian Makanan bagi Bayi dan Anak (PMBA) dilakukan di Balai Kalurahan Kebonharjo dan 10 POSYANDU se-Kebonharjo.
4. Kegiatan Konseling Terpadu dengan sasaran balita stunting dan ibu hamil dilakukan 4 kali/tahun.
5. Rapat koordinasi RDS dilakukan minimal 4 kali dalam setahun.

"Total anggaran untuk kegiatan RDS sebesar Rp 22.150.000 (dua puluh dua juta seratus lima puluh ribu rupiah). Kegiatan ini didanai dengan Dana Desa jadi pertanggungjawabannya selain berkas pertanggungjawaban keuangan juga dilengkapi foto dan laporan kegiatan," jelas Dwi Budiatun.

Rapat juga membahas pembagian tugas masing-masing pengurus dalam setiap kegiatan. Gunadi dan Heri Widodo mengurusi pelaksanaan teknis rembug stunting; Sri Johariyah dan Tatik Purwantari tentang parenting PAUD; Tyas Ningrum, Sugiyanto, Sarjini tentang Konseling Terpadu; Siti Tadzkiroh dan Sunariyah bertugas dalam kegiatan PMBA. "Dalam setiap kegiatan KPM wajib mendampingi dan semua pengurus harus saling mengingatkan jika kegiatan sudah mendekati jadwalnya," ungkap Tantono selalu Kamituwo Kebonharjo.

Kegiatan RDS Kebonharjo yang akan segera dilaksanakan pada Bulan Maret adalah parenting PAUD kelas Bapak di minggu kedua dan ketiga, serta Konseling terpadu pada tanggal 12 Maret 2020.

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Lurah Carik Panata Laksana Sarta Pangripta Danarta Ulu-Ulu Kamituwa Staff Desa Staff Desa

Sinergi Program

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterYouTube

Lokasi Kantor Kalurahan

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung