Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Rumah Desa Sehat Kebonharjo Lakukan Rapat Koordinasi Pertama

07 Maret 2020 10:58:25  Administrator  667 Kali Dibaca  Berita Desa

Rumah Desa Sehat (RDS) merupakan lembaga desa yang fokus dalam upaya pencegahan stunting dengan melibatkan kader POSYANDU, Guru PAUD, Kader Kesehatan, Unit Layanan Pendidikan, Kader PKK, karang taruna, dan tokoh masyarakat. Kebonharjo telah membentuk RDS sejak tahun 2019 dengan susunan pengurus berdasarkan rembug stunting di Bulan Juni 2019. Kesekretariatan berada di POSKESDES Kebonharjo yang berlokasi di Jeblogan Gebang.

Rabu, 4 Maret 2020 di Balai Kalurahan Kebonharjo pengurus RDS telah menyelenggarakan rapat koordinasi yang pertama di tahun 2020 dengan pembiayaan dari APBDes Kebonharjo. "Rapat koordinasi kali ini difokuskan untuk pembahasan kegiatan RDS yang telah dianggarkan dalam APBDes 2020. Penanganan stunting merupakan salah satu prioritas penggunaan Dana Desa. Kegiatan dalam RDS difokuskan untuk meningkatkan scorecard konvergensi stunting, yang mana laporan scorecard ini sebagai salah satu syarat pencairan Dana Desa Tahap 2," jelas Dwi Budiatun Carik Kebonharjo selaku koordinator RDS.

Waljiyanto, pendamping desa memberikan apresiasi bagi Kebonharjo karena menyelenggarakan pertemuan RDS yang pertama se-Kapanewon Samigaluh. "Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus RDS Kebonharjo yang telah melakukan koordinasi pada kesempatan kali ini, semoga program desa tahun ini terkait penanganan stunting dapat terealisasi dengan kerjasama RDS dan Kader Pembangunan Manusia (KPM)," tambahnya. Pada kesempatan yang sama, Walji menyarankan rembug stunting diselenggarakan Bulan April dan perlu adanya focused group discussion (FGD) atau diskusi kelompok terarah tentang konfergensi penanganan stunting tahun 2021.

Kegiatan RDS yang telah dianggarkan dalam APBDes Kebonharjo TA 2020 terdiri dari:
1. Kegiatan Rembug Stunting
2. Kegiatan Parenting PAUD kelas Bapak dilakukan 4 kali/ tahun.
3. Kegiatan Pelatihan Pemberian Makanan bagi Bayi dan Anak (PMBA) dilakukan di Balai Kalurahan Kebonharjo dan 10 POSYANDU se-Kebonharjo.
4. Kegiatan Konseling Terpadu dengan sasaran balita stunting dan ibu hamil dilakukan 4 kali/tahun.
5. Rapat koordinasi RDS dilakukan minimal 4 kali dalam setahun.

"Total anggaran untuk kegiatan RDS sebesar Rp 22.150.000 (dua puluh dua juta seratus lima puluh ribu rupiah). Kegiatan ini didanai dengan Dana Desa jadi pertanggungjawabannya selain berkas pertanggungjawaban keuangan juga dilengkapi foto dan laporan kegiatan," jelas Dwi Budiatun.

Rapat juga membahas pembagian tugas masing-masing pengurus dalam setiap kegiatan. Gunadi dan Heri Widodo mengurusi pelaksanaan teknis rembug stunting; Sri Johariyah dan Tatik Purwantari tentang parenting PAUD; Tyas Ningrum, Sugiyanto, Sarjini tentang Konseling Terpadu; Siti Tadzkiroh dan Sunariyah bertugas dalam kegiatan PMBA. "Dalam setiap kegiatan KPM wajib mendampingi dan semua pengurus harus saling mengingatkan jika kegiatan sudah mendekati jadwalnya," ungkap Tantono selalu Kamituwo Kebonharjo.

Kegiatan RDS Kebonharjo yang akan segera dilaksanakan pada Bulan Maret adalah parenting PAUD kelas Bapak di minggu kedua dan ketiga, serta Konseling terpadu pada tanggal 12 Maret 2020.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:150
    Kemarin:346
    Total Pengunjung:302.596
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.118.9.7
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID