Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

PKK Kaliduren realisasikan Aspek Fungsi Keluarga Kampung KB

03 Maret 2020 12:12:38  Administrator  378 Kali Dibaca  Berita Desa

Setiap tanggal satu pada pukul 13.00 WIB, PKK Padukuhan Kaliduren mengadakan pertemuan rutin bulanan. Minggu, 1 Maret 2020 pertemuan bertempat di dawis Sri Gunting di rumah Sukirdi . Selaku tuan rumah Sukirdi mengucapkan terima kasih dengan kehadiran anggota PKK walaupun dalam keadaan cuaca hujan. Harapannya dalam pertemuan PKK dapat mencakup banyak hal terkait dengan progres Kampung KB karena Kaliduren terpilih sebagai sampel KKB Kalurahan Kebonharjo.

Dalam pertemuan rutin PKK ada kegiatan simpan pinjam antar anggota dan arisan. Kegiatan ini merupakan salah satu fungsi ekonomi. Seluruh anggota bisa menabung dan meminjam uang dengan bunga yang tidak membebani.

Dukuh Kaliduren Sukarman menginfokan bahwa pada Bulan Maret akan ada kegiatan kebudayaan tanggal 24 Maret 2020 yaitu merti desa di rumah Lurah Kebonharjo Rohmad Ahmadi di Gowok dengan hiburan tledek di malam hari, pendanaan diambil dari APBDes sehingga tidak memungut masyarakat. Selain itu akan ada acara mengarak tumpeng berbahan non beras dan kembul bujana yang waktunya masih dalam pembahasan pihak panitia. Untuk Kaliduren pembuatan tumpeng diserahkan kepada kelompok Dawis Sriti Banjaran. Keterlibatan warga dalam merti desa merupakan salah satu fungsi sosial budaya. PKK Kaliduren juga akan memeriahkan acara dengan menampilkan panembromo dipimpin Sunardi, BA.

Fungsi sosial lain yang dilakukan oleh PKK Kaliduren adalah penggalangan dana sosial. Pada pertemuan bulan Maret ini memperoleh dana sosial sebesar Rp 40.000. "Dana sosial yang terkumpul akan kami berikan kepada salah satu anggota PKK yang sedang sakit," ungkap Tatik Purwantari bendahara PKK.

Ibu Masirah selaku ketua PKK Kaliduren menghimbau pada bulan depan seluruh anggota membawa tanaman saat pertemuan untuk menambah koleksi tanaman bagi tuan rumah. Program ini merupakan realisasi fungsi pelestarian lingkungan dalam Kampung KB.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:2.610
    Kemarin:488
    Total Pengunjung:305.544
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.191.157.186
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID