Visi Terwujudnya Desa Kebonharjo yang mandiri dan berbudaya luhur berdasarkan gotong royong dan kekeluargaan          Misi (1) Mewujudkan perekonomian mandiri dengan mengembangkan potensi sumber daya manusia dan budaya lokal .(2) Mengembangkan kepribadian masyarkat melalui pengembangan spiritual keagamaan dan budaya dengan mengedepankan heterogenitas. (3) Mewujudkan pemerintahan yang sehat, bersih dan berwibawa. (4)Mewujudkan kualitas hidup masyarkat yang maju, sejahtera dan berprestasi melalui pengembangan kelembagaan desa dan kelompok masyarakat

 

Kampung KB Kebonharjo Penuhi Delapan Aspek Fungsi Keluarga

Administrator 26 Februari 2020 12:37:45

Selasa 25 Februari 2020 di Pendopo Kalurahan Kebonharjo diselenggarakan pertemuan pokja Kampung KB Kebonharjo. Rapat dihadiri oleh Drs, Suyadi (penyuluh kampung KB Kabupaten Kulon Progo), Dra. Rusnawati (penyuluh kampung KB Desa Gerbosari), Supriyanto, SE (penyuluh kampung KB kebonharjo), dukuh, dan kader pedukuhan.


Kampung KB merupakan satuan wilayah setingkat desa dengan kriteria tertentu dimana terdapat keterpaduan KKBPK dan pembangunan sektor terkait dalam rangka meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat.  Pencapaian Kampung KB di Kebonharjo sudah memenuhi 8 aspek fungsi keluarga yaitu :


1. Bidang Agama
Pembangunan / rehab tempat ibadah (toilet masjid) di pedukuhan Kaliduren, Kedunggupit, dan Gebang.


2. Fungsi Reproduksi
Kesadaran masyarakat akan pemakaian alat kontrasepsi yang berdampak para pembangunan keluarga.


3. Fungsi kasih sayang
Penyelenggaraan posyandu dan pendidikan anak usia dini (PAUD) yang meliputi program parenting, gemari, pentas seni dalam acara HUT Kemerdekaan RI dan dokumentasi di YouTube (keluarga bermartabat).


4. Fungsi Perlindungan
Diprioritaskan para penderita ODGJ (orang dalam gangguan jiwa) dan penanganan kebencanaan (longsor) sería kepemilikan hak anak( akte.kelahiran).


5. Fungsi pendidikan
Pementasan pentas seni tari tradisional másal pada acara BBGRM (SD Muhammadiyah Jarakan) dan pementasan sandiwara jawa para saat acara perpisahan kelas VI di SDN Kebonharjo.

6. Fungsi sosial budaya
Upacara adat merti desa yang diadakan setiap tahun para bulan rajab dan merti dusun yang dilaksanakan tingkat pedukuhan (Kedunggupit, Gebang, dan Pelem).


7. Fungsi ekonomi
Pemberdayaan masyarakat bagi kelompok-kelompok ekonomi produktif (sabut kelapa-Gebang, Tahu-Pelem, Tempe- Dangsambuh, Las- Kaliduren, Kambing-Kedunggupit, dan Bumdes yang melayani Fotocopy, penjualan material sewa molen).


8. Fungsi pelestarian lingkungan
Lomba pemanfaatan lingkungan antar pedukuhan yang dilakukan setiap tahun.

Padukuhan Kaliduren sebagai sampel Kampung KB Kebonharjo diminta untuk memperbaiki administrasi dan mengunggah setiap di web. Rusnawati mengharapkan untuk laporan juga dionlinekan di web. Pihak PLKB bersedia memberikan fasilitator untuk kegiatan yang menunjang kemajuan KKB dan akan bekerjasama dengan Badan Latihan Kerja (BLK) untuk pelatihan pertukangan, rias manten, pertanian dengan mengajukan proposal minimal 15 peserta/pelatihan.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Lurah Carik Panata Laksana Sarta Pangripta Danarta Ulu-Ulu Kamituwa Staff Desa Staff Desa

Sinergi Program

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterYouTube

Lokasi Kantor Kalurahan

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung