Visi Terwujudnya Desa Kebonharjo yang mandiri dan berbudaya luhur berdasarkan gotong royong dan kekeluargaan          Misi (1) Mewujudkan perekonomian mandiri dengan mengembangkan potensi sumber daya manusia dan budaya lokal .(2) Mengembangkan kepribadian masyarkat melalui pengembangan spiritual keagamaan dan budaya dengan mengedepankan heterogenitas. (3) Mewujudkan pemerintahan yang sehat, bersih dan berwibawa. (4)Mewujudkan kualitas hidup masyarkat yang maju, sejahtera dan berprestasi melalui pengembangan kelembagaan desa dan kelompok masyarakat

 

Pertemuan Rutin Bulan Februari 2020

Administrator 26 Februari 2020 09:10:06

Bertempat di Balai Kalurahan Kebonharjo (24/02/2020) diadakan pertemuan Kader Yandu se-Kebonharjo periode Bulan Februari. Pertemuan dihadiri oleh 70 kader, pamong kalurahan, bidan desa, dan pihak PUSKESMAS 2 Samigaluh. Padukuhan yang bertugas serta menyediakan konsumsi acara dari Jarakan.

Rangkaian kegiatan yang berlangsung meliputi sosialisasi APBDes 2020 dan strategi penyerapannya dari Pemerintah Kalurahan Kebonharjo, revisi SIP dan pencegahan penyakit tidak menular dari PUSKESMAS 2 Samigaluh, serta pembagian tikar pertumbuhan ke masing-masing POSYANDU.

"Dalam APBDes 2020, kami telah menganggarkan sejumlah tiga ratus juta lebih untuk bidang pendidikan, kesehatan, sanitasi yang berkaitan dengan pencegahan stunting," ungkap Dwi Budiatun selaku carik Kebonharjo. Honor Kader Yandu yang tahun sebelumnya tiga puluh ribu per bulan, untuk tahun 2020 besarnya honor menjadi Rp 50.000/ bulan tanpa kewajiban membayar pajak. "Untuk mempercepat penyaluran honor dan meningkatkan akuntabilitas keuangan desa maka tahun ini penyaluran honor akan melalui tranfer bank," tambahnya. Sejumlah 70 Kader Yandu melakukan pembukaan rekening Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bank Pasar Kulon Progo jenis tabungan Piranti yang difasilitasi pemerintah kalurahan.

Pihak puskesmas Samigaluh II melalui sambutannya (Saudara Ira) Promkes menyampaikan pemberian sertifikat Emotional Demonstration (Emo Demo) dari Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan keperawatan Universitas Gadjah Mada kepada sejumlah kader Posyandu yang telah mengikuti pelatihan. Pihak UGM juga bekerja sama dengan Universitas Brunet Australia pada program penanganan stunting melalui program Zero TB (Tuberkolosis ) di Tahun 2020 yang berlokasi di Gondomanan Jogjakarta dan di Kabupaten Kulon Progo berfokus di Kapanewon Samigaluh melalui layanan rontgen gratis.

Tantono selaku kamituwo Kebonharjo membagikan sepuluh tikar pertumbuhan kepada sepuluh POSYANDU yang ada di Kebonharjo. Tikar pertumbuhan hanya digunakan untuk mendeteksi apakah balita masuk stunting(M),normal (H), resiko stunting(K) sedangkan pengukuran tinggi badan dilakukan menggunakan mikrotoa sebagai alat pengukur yang akurat. Petunjuk penggunaan tikar dijelaskan lebih lanjut oleh Fitri Hartanti selaku KPM Kebonharjo.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Lurah Carik Panata Laksana Sarta Pangripta Danarta Ulu-Ulu Kamituwa Staff Desa Staff Desa

Sinergi Program

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterYouTube

Lokasi Kantor Kalurahan

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung