Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Seluruh Warga Kebonharjo akan Memperoleh Layanan Rontgen Gratis

22 Februari 2020 18:59:38  Administrator  372 Kali Dibaca  Berita Desa

Penemuan kasus aktif/Active Case Finding (ACF) adalah kegiatan untuk mendeteksi TB dari populasi umum. Perbedaan dari temuan kasus pasif adalah bahwa kegiatan ini tidak menargetkan orang dengan gejala atau merasa sakit yang mencari perawatan kesehatan di fasilitas kesehatan. Meskipun menargetkan populasi umum, ini ditujukan untuk kelompok berisiko tinggi yang lebih rentan terkena penyakit TB, seperti orang yang tinggal di ruang yang padat atau daerah kumuh perkotaan atau populasi urban dengan ekonomi menengah ke bawah.

Kegiatan akan dilakukan di Kulon Progo dan kota Yogyakarta secara bertahap. Selama tahun pertama yaitu di tahun 2020, kegiatan akan difokuskan di Kecamatan Gondomanan di kota Yogyakarta dan Kapanewon Samigaluh di Kulon Progo. Dengan disetujuinya pendanaan kegiatan proyek Zero TB Yogyakarta oleh TB Reach Wave 7, kegiatan penemuan kasus aktif atau active case finding (ACF) akan segera dimulai. Untuk menguji sistem yang akan digunakan pada keseluruhan ACF, pilot ACF direncanakan dilaksanakan pada tanggal 24-28 Februari 2020 di Gondomanan dan Samigaluh.

Dalam rangka mendukung program Zero TB Daerah Istimewa Yogyakarta, Kebonharjo dipilih menjadi lokasi pilot project karena termasuk kategori wilayah sulit. Skrining akan diselenggarakan Selasa, 25 Februari 2020 di Kompleks Kios Bendo Kaliduren (eks SMP Bobkri) dengan jadwal dan sasaran peserta sebagai berikut:
1. 09.00 - 10.00 WIB : Pedukuhan Gowok sejumlah 65 peserta
2. 10.00 - 11.00 WIB : Pedukuhan Jarakan sejumlah 65 peserta
3. 11.00 - 12.00 WIB : Pedukuhan Kaliduren sejumlah 70 peserta

Pada rapat koordinasi antara pihak Puskesmas II Samigaluh, tim Laboran Pramita, dan Pemerintah Kalurahan Kebonharjo disepakati lokasi pilot project Kegiatan Zero TB di Kompleks Kios Bendo yang berada di ruas jalan besar sehingga bus pemeriksaan dapat menjangkau lokasi. "Seluruh warga Kebonharjo akan diskrining dengan jadwal antara Maret-November 2020, tapi sebagai percontohan menyasar 200 warga dari tiga pedukuhan yang telah ditentukan pada rakor tingkat kapanewon," jelas Heni selaku petugas dari Puskesmas 2 Samigaluh.



Tujuan program Zero TB adalah untuk melakukan skrining tuberkulosis kepada seluruh warga masyarakat dan semua usia boleh ikut. Prosedur pemeriksaan peserta membawa Kartu Indonesia Sehat (KIS), bagi yang tidak memiliki cukup menunjukkan Kartu Keluarga (KK) maupun Kartu Tanda Penduduk (KTP). Setelah registrasi akan diukur berat badan dan tinggi badan, kemudian wawancara dengan dokter, pemeriksaan terakhir dironsen bagian dada. Jika peserta batu-batuk maka diminta untuk mengumpulkan dahak sebagai sampel pemeriksaan laboratorium.

Penyelenggara kegiatan Zero TB Yogyakarta adalah Fakultas Kedokteran UGM (FK UGM) Pusat Kedokteran Tropis. Pihak penyelenggara bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, Pihak Puskesmas Gondomanan, Pihak Puskesmas 1 dan 2 Samigaluh, Kader Aisyiah Samigaluh dan Gondomanan, Kader Puskesmas, dan pemerintah kalurahan tempat penyelenggaraan kegiatan.

 

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:115
    Kemarin:418
    Total Pengunjung:291.622
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:54.165.248.212
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID