Visi Terwujudnya Desa Kebonharjo yang mandiri dan berbudaya luhur berdasarkan gotong royong dan kekeluargaan          Misi (1) Mewujudkan perekonomian mandiri dengan mengembangkan potensi sumber daya manusia dan budaya lokal .(2) Mengembangkan kepribadian masyarkat melalui pengembangan spiritual keagamaan dan budaya dengan mengedepankan heterogenitas. (3) Mewujudkan pemerintahan yang sehat, bersih dan berwibawa. (4)Mewujudkan kualitas hidup masyarkat yang maju, sejahtera dan berprestasi melalui pengembangan kelembagaan desa dan kelompok masyarakat

 

Cetak Generasi Penerus Bangsa dengan "Back to Nature School"

Administrator 13 Februari 2020 08:47:16

Salah satu model pembelajaran inovatif PAUD berbasis alam atau dikenal dengan "back to nature school" dilaksanakan pada kegiatan pembelajaran yang memenuhi kebutuhan dan karakteristik perkembangan anak guna memperoleh pengalaman belajar secara langsung (real learning), bermakna (meaningfull), dan konstruktif .


Kelompok Bermain RAMA SINTA yang berlokasi di Pedukuhan Gebang, Kalurahan Kebonharjo, Kapanewon Samigaluh menerapkan kegiatan pembelajaran tersebut melalukan pembelajaran alam melalui media langsung bercocok tanam tanaman padi di lokasi sekitar sekolah (Sawah Jeblogan). Kegiatan ini dilakukan pada hari Rabu, 12  Februari 2020 pada jam pembelajaran yakni pukul 08-00 sampai dengan pukul 10.00 WIB dengan melibatkan peserta didik, tanaga pendidik dan wali murid untuk mendampingi putra-putri mereka.


Salah satu Tenaga Pendidik (Tendik) Asti Kurnia Prastiwi mengungkapkan bahwa tujuan dilakukannya pembelajaran melalui media langsung dengan alam ini untuk meningkatkan pengetahuan akan sumber daya alam yang ada, media penanam padi berupa sawah, bibit padi, dan cara menanam. "Hal ini dikarenakan kemajuan zaman yang pesat membuat banyak generasi penerus kita (anak-anak) yang mulai tidak mengenal dari mana asal makanan pokok yang biasa dimakan dalam kesehariannya, sehingga penting bagi mereka untuk mengetahui sejak dini proses penanaman padi hingga berbuah, menjadi beras dan nasi yang dikonsumsi sebagai makanan pokok," tambahnya. 

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Lurah Carik Panata Laksana Sarta Pangripta Danarta Ulu-Ulu Kamituwa Staff Desa Staff Desa

Sinergi Program

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterYouTube

Lokasi Kantor Kalurahan

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung