Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Pencairan Uang Kalurahan melalui Verifikasi Berlapis

11 Februari 2020 10:38:14  Administrator  397 Kali Dibaca  Berita Desa

Pengelolaan keuangan desa (Kalurahan) adalah keseluruhan kegiatan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban keuangan desa. Pengelolaan keuangan desa dilakukan dengan basis kas merupakan pencatatan transaksi pada saat kas diterima atau dikeluarkan dari rekening kas desa.

Pelaksanaan pengelolaan keuangan desa merupakan penerimaan dan pengeluaran desa yang dilaksanakan melalui rekening kas desa pada bank yang ditunjuk Bupati. Rekening kas desa dibuat oleh pemerintah desa dengan spesimen tanda tangan kepala desa (lurah) dan kaur keuangan (danarta). Rekening Kalurahan Kebonharjo menggunakan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bank Pasar Kulon Progo untuk seluruh transaksi keuangan desa. Namun sejak tahun anggaran 2020, Pemerintah Kalurahan Kebonharjo juga diharuskan membuka Rekening Bank Pembangunan Desa (BPD) DIY untuk penerimaan transfer Dana Desa dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Gunadi selaku Danarta Kebonharjo dalam Kegiatan Sosialisasi Kegiatan Fisik tahun 2020, Rabu (10/02/2020) menyampaikan bahwa pencairan keuangan desa dari Rekening kas desa harus melalui verifikasi berlapis. "Kaur/kasi pelaksana kegiatan anggaran mengajukan Surat Permintaan Pembayaran (SPP) dalam setiap pelaksanaan kegiatan anggaran dilengkapi bukti yang lengkap dan sah, kemudian carik melakukan verifikasi kebenaran dokumen SPP dengan anggaran kegiatan yang tertuang dalam APBDes", jelasnya. Beliau memberikan informasi lebih lanjut bahwa setelah pengajuan pencairan dari kasi/kaur telah lolos verifikasi carik maka lurah memberikan tanda tangan persetujuan pencairan. "Slip penarikan uang dari bank harus ditandatangani oleh lurah dan bendahara serta dibubuhi cap pemerintah Kalurahan", tambah Gunadi.
Seluruh transaksi keuangan tersebut dilakukan pencatatan dalam aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES).

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:374
    Kemarin:418
    Total Pengunjung:291.881
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:54.196.105.235
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID