Visi Terwujudnya Desa Kebonharjo yang mandiri dan berbudaya luhur berdasarkan gotong royong dan kekeluargaan          Misi (1) Mewujudkan perekonomian mandiri dengan mengembangkan potensi sumber daya manusia dan budaya lokal .(2) Mengembangkan kepribadian masyarkat melalui pengembangan spiritual keagamaan dan budaya dengan mengedepankan heterogenitas. (3) Mewujudkan pemerintahan yang sehat, bersih dan berwibawa. (4)Mewujudkan kualitas hidup masyarkat yang maju, sejahtera dan berprestasi melalui pengembangan kelembagaan desa dan kelompok masyarakat

 

Pencairan Uang Kalurahan melalui Verifikasi Berlapis

Administrator 11 Februari 2020 10:38:14

Pengelolaan keuangan desa (Kalurahan) adalah keseluruhan kegiatan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban keuangan desa. Pengelolaan keuangan desa dilakukan dengan basis kas merupakan pencatatan transaksi pada saat kas diterima atau dikeluarkan dari rekening kas desa.

Pelaksanaan pengelolaan keuangan desa merupakan penerimaan dan pengeluaran desa yang dilaksanakan melalui rekening kas desa pada bank yang ditunjuk Bupati. Rekening kas desa dibuat oleh pemerintah desa dengan spesimen tanda tangan kepala desa (lurah) dan kaur keuangan (danarta). Rekening Kalurahan Kebonharjo menggunakan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bank Pasar Kulon Progo untuk seluruh transaksi keuangan desa. Namun sejak tahun anggaran 2020, Pemerintah Kalurahan Kebonharjo juga diharuskan membuka Rekening Bank Pembangunan Desa (BPD) DIY untuk penerimaan transfer Dana Desa dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Gunadi selaku Danarta Kebonharjo dalam Kegiatan Sosialisasi Kegiatan Fisik tahun 2020, Rabu (10/02/2020) menyampaikan bahwa pencairan keuangan desa dari Rekening kas desa harus melalui verifikasi berlapis. "Kaur/kasi pelaksana kegiatan anggaran mengajukan Surat Permintaan Pembayaran (SPP) dalam setiap pelaksanaan kegiatan anggaran dilengkapi bukti yang lengkap dan sah, kemudian carik melakukan verifikasi kebenaran dokumen SPP dengan anggaran kegiatan yang tertuang dalam APBDes", jelasnya. Beliau memberikan informasi lebih lanjut bahwa setelah pengajuan pencairan dari kasi/kaur telah lolos verifikasi carik maka lurah memberikan tanda tangan persetujuan pencairan. "Slip penarikan uang dari bank harus ditandatangani oleh lurah dan bendahara serta dibubuhi cap pemerintah Kalurahan", tambah Gunadi.
Seluruh transaksi keuangan tersebut dilakukan pencatatan dalam aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES).

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Lurah Carik Panata Laksana Sarta Pangripta Danarta Ulu-Ulu Kamituwa Staff Desa Staff Desa

Sinergi Program

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterYouTube

Lokasi Kantor Kalurahan

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung