Visi Terwujudnya Desa Kebonharjo yang mandiri dan berbudaya luhur berdasarkan gotong royong dan kekeluargaan          Misi (1) Mewujudkan perekonomian mandiri dengan mengembangkan potensi sumber daya manusia dan budaya lokal .(2) Mengembangkan kepribadian masyarkat melalui pengembangan spiritual keagamaan dan budaya dengan mengedepankan heterogenitas. (3) Mewujudkan pemerintahan yang sehat, bersih dan berwibawa. (4)Mewujudkan kualitas hidup masyarkat yang maju, sejahtera dan berprestasi melalui pengembangan kelembagaan desa dan kelompok masyarakat

 

Kebonharjo rencanakan Buka 110 Rekening BPR untuk Penyaluran Honorarium

Administrator 06 Februari 2020 12:45:41

Kalurahan Kebonharjo memperoleh tugas merencanakan, merealisasikan, dan mempertanggungjawabkan keuangan desa yang hampir mencapai dua milyar rupiah (2M) tiap tahun sejak tahun 2017. Tata kelola keuangan desa, pelaporan, dan pertanggungjawaban memiliki bobot 35 Úri aspek penyelenggaraan pemerintah desa. Keuangan desa juga diharuskan menggunakan aplikasi sistem keuangan desa (SISKEUDES) dari perencanaan, penatausahaan, dan pelaporan.

Berdasarkan Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 21 Tahun 2018 tentang Pedoman Penatausahaan Keuangan Desa, pengeluaran rutin khusus untuk pembayaran penghasilan dan tunjangan bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa serta BPD dan pengeluaran uang dengan nilai di atas Rp 10.000.000 (sepuluh juta rupiah) dilakukan dengan transfer melalui bank. Menindaklanjuti peraturan tersebut maka sejak tahun 2019, Kebonharjo telah menyalurkan penghasilan dan tunjangan bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa serta pembelian belanja material melalui transfer bank.

Rabu, 5 Januari 2020 Kepala Kantor Kas Samigaluh PD.BPR Bank Pasar Kulon Progo Yanu Baswanta menyerahkan 110 (seratus sepuluh) formulir pembukaan Rekening ke Kantor Kalurahan Kebonharjo. Pembukaan rekening diperuntukkan untuk 7 (tujuh) calon anggota BPD terpilih tahun 2020, 70 (tujuh puluh) Kader Yandu, 15 (lima belas) tenaga pendidik PAUD, 10 anggota tim pelaksana wilayah unsur kelembagaan desa, dan sisanya untuk anggota tim desa yang melibatkan lembaga kemasyarakatan. Rekening tersebut akan digunakan untuk tranfer honor dari Rekening desa ke penerima yang jumlahnya sesuai dengan anggaran di APBDes Kebonharjo TA 2020.

Lurah Kebonharjo menyampaikan bahwa di tahun 2020, penyaluran honor petugas akan melalui tranfer bank bukan tunai. Hal ini dilakukan agar mempercepat pertanggungjawaban sehingga penatausahaan keuangan dapat tertib. Pemerintah Kalurahan harus memiliki strategi pengelolaan keuangan yang baik dan akuntabel karena di tahun 2020, pemerintah merencanakan SISKEUDES online. "Penyaluran honor melalui transfer diharapkan mampu menanam budaya menabung bagi masyarakat," tambahnya.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Lurah Carik Panata Laksana Sarta Pangripta Danarta Ulu-Ulu Kamituwa Staff Desa Staff Desa

Sinergi Program

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterYouTube

Lokasi Kantor Kalurahan

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung