Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

KOPMU DT Jajaki Kerjasama dengan Pemdes Kebonharjo

16 Januari 2020 09:53:37  Administrator  377 Kali Dibaca  Berita Desa

KOPMU-DT atau Koperasi Pemberdayaan  Ummat Daarut Tauhiid merupakan program pemberdayaan ekonomi mikro dari penyandang zakat yang mengedepankan perubahan karakter, mental, pola hidup dengan pemberian bekal yang baik untuk peningkatan wawasan bagi umat muslim. Dalam presentasi di ruang rapat Balai Desa Kebonharjo pada tanggal 13 Januari 2020, Susetya Nugroho Adhi selaku Manager Kopmu DT menawarkan kerjasama pemberdayaan melalui kelompok masyarakat dengan koperasi tanpa agunan dan bunga yang bebas riba. Kelompok tersebut akan dibekali pengetahuan ketrampilan yang dibutuhkan, penguatan potensi warga dan pengetahuan keagamaan.


Dalam sambutannya Kepala Desa Kebonharjo Rohmad Ahmadi menyampaikan visi pengembangan Desa Mandiri yang saat ini sedang berjalan. Dalam misinya memerlukan pengembangan ekonomi mandiri dan memerlukan perubahan karakter warga melalui pendekatan spiritual keagamaan dan kebudayaan. Sehingga kerjasama ini sangat memungkinkan dilakukan karena seiring dengan visi misi Desa Kebonharjo.


Selain itu beliau juga mengungkapkan bahwa ada kegiatan kelompok masyarakat yang telah bergerak dalam pengembangan ekonomi melalui penyaluran kredit, akan tetapi belum mempunyai daya ungkit terhadap pertumbuhan ekonomi warga. Hampir dari seluruh warga desa adalah petani yang penghasilannya  sangat tergantung dengan musim, sedangkan simpan pinjam mengarah pada penghasilan tetap untuk capaian angsuran rutin.
Belum banyak warga yang yang berada di sektor bisnis (3,8 persen) sehingga masih diperlukan pengetahuan tentang kewirausahaan. Disamping itu tingkat pendidikan masyarakat juga masih rendah, yang belum tamat SD sebanyak 14,21 persen dan sebanyak 24,62 persen tamat SD sehingga perlu penguatan dalam pengetahuan.


Kepala Desa juga menyampaikan tentang rencana pengembangan ekonomi warga dengan langkah konret yang berbasis pada keterampilan, pengetahuan,  dan potensi warga. Dari basis data desa mayoritas pekerjaan warga Desa  Kebonharjo adalah petani dan berternak. Sehingga saat ini desa mengarahkan pada kegiatan pengembangan ekonomi.

Beberapa lahan tanah kas desa telah dibebaskan untuk kegiatan demplot pertanian dan peternakan. Di tahun 2019 telah terbentuk demplot pertanian kebun durian dan pala. Sedangkan peternakan akan dilaksanakan pada tahun 2020 berupa usaha peternakan penggemukan sapi. Pemerintah Desa Kebonharjo mendorong kolaborasi pembiayaan dalam mewujudkan rencana tersebut dengan berbagai pihak. Saat ini berbagai pihak kelembagaan desa telah ditawarkan kerjasamanya seperti Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Binanguan Babar Anyar dan Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Samigaluh dalam aspek pembiayaan. Sementara itu Dinas pertanian dalam pendampingan teknisnya. Kepala Desa berharap KOPMU DT bisa bergabung dalam merealisasikan program tersebut.(RA)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:247
    Kemarin:2.795
    Total Pengunjung:305.976
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:13.58.247.31
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID