Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Tim Pelaksana Inovasi Desa Kecamatan Samigaluh Mendistribusikan Tikar Pertumbuhan

09 Januari 2020 10:54:05  Administrator  390 Kali Dibaca  Berita Desa
Tujuh desa di wilayah Kecamatan Samigaluh mulai memanfaatkan tikar pertumbuhan pada triwulan IV periode Oktober-Desember tahun 2019. Untuk itu Tim Pelaksana Inovasi Desa Kecamatan Samigaluh mendistribusikan tikar pertumbuhan ke tujuh desa di wilayah Kecamatan Samigaluh pada hari Kamis, 14 November tahun 2019. Tikar pertumbuhan ini kelak akan digunakan sebagai salah satu alat ukur tinghi badan dalam deteksi dini stunting di Kecamatan Samigaluh. Sebagaimana diketahui, stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak akibat kekurangan gizi kronis pada 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan). 1000 HPK dimaksud adalah sejak masa konsepsi (pertemuan sel telur dan sperma) hingga anak berusia 23 bulan.


Selama ini, deteksi dini stunting hanya bisa dilakukan oleh petugas kesehatan. Dengan adanya tikar pertumbuhan, maka deteksi dini stunting juga bisa dilakukan oleh kader posyandu. Tentu saja setelah melalui pelatihan.


Keberadaan tikar pertumbuhan juga akan membantu tugas KPM (Kader Pembangunan Manusia) di masing-masing desa dalam menyusun laporan Konvergensi Stunting, sebagai strategi nasional dalam pencegahan stunting, juga untuk memastikan semua desa dan sektor terkait telah menjadikan stunting sebagai prioritas programnya. Program yang telah dilaksanakan sejak bulan Mei tahun 2019 ini meliputi lima (5) paket layanan yang terdiri dari: layanan gizi ibu dan anak, layanan konseling kesehatan dan gizi, layanan air bersih dan sanitasi, layanan PAUD, dan layanan Jaminan sosial.


Diharapkan, dengan adanya tikar pertumbuhan ini KPM dapat memberikan laporan Konvergensi Stunting yang semakin tepat dan akurat.


Perlu diketahui pula, semua desa di Kecamatan Samigaluh hingga saat ini telah menyampaikan laporan konvergensi stuntingnya sampai triwulan III. (*)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:302
    Kemarin:418
    Total Pengunjung:291.809
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.92.84.253
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID