Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Meneladani Semangat dan Perjuangan Kaum Ibu Indonesia

06 Januari 2020 08:14:46  Administrator  370 Kali Dibaca  Berita Desa
Sebagai upaya untuk mengenang perjuangan para ibu, PKK Pedukuhan Gowok, Desa Kebonharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo meengadakan peringatan Hari Ibu pada hari Senin, 23 Desember 2019.

Acara dibuka dengan doa bersama, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PKK. Warga pun mengheningkan cipta bersama, untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan, khususnya para pahlawan dan pejuang wanita. Pada kesempatan yang sama juga dibacakan risalah/sejarah ditetapkannya tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu. Acara diakhiri dengan pembacaan doa Hari Ibu.

Hari Ibu secara rutin diperingati di Pedukuhan Gowok dari tahun ke tahun, diwariskan dari generasi ke generasi, sebagai upaya untuk mewarisi dan meneladani perjuangan bangsa khususnya wanita dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan. Hari Ibu diperingati untuk mengenang peran wanita sebagai ibu bagi putra putri yang dilahirkannya, sebagai pendamping bagi suaminya, sebagai warga negara dan warga masyarakat, serta sebagai abdi Tuhan Yang Mahaesa.

Sedangkan maksud dan tujuan memperingati Hari Ibu adalah untuk membangkitkan persatuan dan kesatuan kaum perempuan di Indonesia sebagai bagian tak terpisahkan dari kebangkitan perjuangan bangsa.

Hari Ibu juga menetapkan perempuan sebagai 'Ibu Bangsa' yang memiliki peran menumbuhkan dan mendidik generasi baru yang menyadari dan memiliki rasa kebangsaan dan nasionalisme yang semakin tebal. Peran tersebut sangat penting, mengingat ancaman desintegrasi bangsa yang kian kuat di zaman ini.

Sikap rela berkorban demi bangsa dan negara harus tetap menyala di dada generasi muda penerus bangsa dalam mengisi kemerdekaan untuk membangun masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera.

Hari Ibu dilambangkan dengan sekuntum melari yang memiliki makna :

1. Kasih sayang kodrati ibu terhadap anak

2. Kekuatan dan pengorbananan ibu untuk anaknya

3. Kesadaran wanita dalam menggalang persatuan dan kesatuan serta keikhlasan berbakti dalam pembangunan bangsa dan negara.

Lambang Hari Ibu memiliki semboyan "Merdeka Melaksanakan Dharma" yang berarti tercapainya hak, kewajiban, dan kedudukan serta kesempatan dalam kehidupan berkeluarga, berbangsa dan bernegara.

Peringatan Hari Ibu ini juga dimeriahkan dengan berbagai lomba yang diikuti anggota PKK sepedukuhan Gowok. (*)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:2.552
    Kemarin:488
    Total Pengunjung:305.486
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.118.2.15
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID