Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Hari Ibu Dusun Gowok 2019

29 Desember 2019 22:06:26  Administrator  411 Kali Dibaca  Berita Desa
" Perempuan Berdaya, Indonesia Maju " demikian tema Peringatan Hari Ibu Ke-91 Tahun 2019. Hari Ibu dimaknai sebagai hari kebangkitan perempuan Indonesia dan merupakan persatuan dan kesatuan kaum perempuan yang tidak terpisahkan dari kebangkitan dan perjuangan bangsa. Perempuan memiliki hak asasi yang sama dan integral dengan hak asasi manusia. Oleh karena itu perlu dipelihara kodrat, harkat dan martabatnya sebagai Ibu Bangsa yang berhasil membina keluarga yang harmonis dan sejahtera.

Perjuangan perempuan agar bebas dari segala bentuk tindak kekerasan, diwujudkan dalam bentuk kesetaraan dan keadilan dalam segenap aspek kehidupan. Hal ini perlu diupayakan setiap waktu. Kelanjutan perjuangan persatuan kaum perempuan Indonesia selalu diperingati pada setiap tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu. "Perempuan Berdaya, Indonesia Maju" menjadi penyemangat bahwa Kaum perempuan Indonesia tidak hanya menjadi pengguna hasil pembangunan, namun juga ikut berperan melaksanakan dan berpartisipasi di segenap aspek pembangunan nasional. Peran politik berarti ikut serta dalam proses pengambilan keputusan dalam upaya membentuk keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Demikian isi sambutan Sunardi (kadus Gowok).

Peringatan Hari Ibu tahun 2019 adalah Peringatan Hari Ibu yang ke 91 kalinya. Sudah 91 tahun sejak Kongres Perempuan Indonesia pertama pada tanggal 22 - 25 Desember 1928 di Yogyakarta. Salah satu keputusan Kongres Perempuan Indonesia tersebut adalah membentuk organisasi PPPI yang kepanjangannya adalah Perikatan Perkoempoelan Perempoean Indonesia. Hari Ibu ditetapkan pertama kali oleh Presiden Sukarno pada tanggal 16 Desember 1959 di Jakarta dengan Kepres Nomor 316 tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang bukan hari libur. Demikian risalah Hari Ibu yang dibacakan oleh Ibu Sri Suryati (anggota PKK dusun Gowok).

Peringatan Hari Ibu ke 91 tahun 2019 di Dusun Gowok mengangkat tema "Perempuan Berdaya, Indonesia Maju". Yang pelaksanaannya didasarkan dari Keputusan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 196 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan dan Pembentukan Panitia Nasional Peringatan Hari Ibu ke-91 tahun 2019.

Menurut panitia hari Ibu dusun Gowok (Suniati. S. Pd). Bahwa acara hari Ibu diikuti oleh seluruh anggota PKK dusun, juga oleh pejabat struktural dusun (RT,RW), tokoh agama dan tokoh masyarakat. Juga dihadiri mahasiswa KKN universitas Atma Jaya Jogjakarta angkatan 76. Yang memaparkan program dalam rangka pengabdian masyarakat di dusun Gowok. Sedangkan puncak acara PHI ke-91
Dusun Gowok dilaksanakan di balai Dusun Gowok Desa Kebonharjo Kecamatan Samigaluh dengan agenda kegiatan antara lain : lomba pidato bahasa jawa, lomba rias nasi tumpeng, pecah air dan makan krupuk.

Oleh

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:313
    Kemarin:291
    Total Pengunjung:291.402
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.206.12.31
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID