Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Sebanyak 6 Lokasi Dijadikan Obyek Penelitian Geolistrik

03 Desember 2019 09:36:02  Administrator  364 Kali Dibaca  Berita Desa

KORPRI (Korps Pegawai Negeri) Kabupten Kulon Progo melakukan kegiatan Bakti sosial dalam upaya mengatasi kekeringan di Desa Kebonharjo dalam bentuk pengkajian potensi sumber air. Dengan menggandeng Fasriansayah Nurma'rufin, ST salah satu konsultan dan surveyor geolistrik untuk air tanah, pertambangan dan geoteknika dialaksanakan Uji lapangan pada hari Sabtu-Minggu, 2-3 Desember 2019. 

Obyek penelitian fokus di tanah kas desa yang berlokasi di Sawahan, Jeblogan, Setono Budho, Lapangan Banjaran, Sabrangan dan Batur. Harapannya dengan sebaran wilayah tersebut mampu dijadikan pegangan bagi pemerintahan desa dalam upaya eksplorasi air bawah tanah dalam mengatasi kekeringan.

Triyanto Raharjo, S Sos, M.Si. Camat Samigaluh sangat mendukung kegiatan ini karena prinsip kehati-hatian dalam tata kelola air, mengunakan berbagai pendekatan agar nantinya kebijakan desa menjadi tepat berdasarkan sebuah kajian ilmiah. Kegiatan ini satu-satunya model pendekatan yang dilakukan oleh desa dengan harapan bisa diterapkan oleh desa lainnya.

Sementara Kepala Desa Kebonharjo Rohmad Ahmadi, SIP mengungkapkan bahwa tata kelola air di desa akan dibuat terintegrasi dalam satu sistem agar mampu memenuhi kebutuhan warga masyarakat. Seuluruh potensi air bersih baik dari sumber mata air, sungai dan air bawah tanah apabila dikelola secara bijak akan mampu memenuhi kebutuhan air warga dan terhindar dari bencana kekeringan tahunan.

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:2.753
    Kemarin:488
    Total Pengunjung:305.687
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.142.171.180
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID