Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Peternak Sulit Dapat Pakan Ternak

16 Oktober 2019 12:00:46  Administrator  408 Kali Dibaca  Berita Desa
Kemarau panjang yang terjadi saat ini sangat berdampak pada kesulitan peternak sapi dan kambing mendapatkan pakan hijau berupa rumput segar. Mereka terpaksa membeli pakan alternatif berupa kulit kedelai atau konsetrat demi bisa mencukupi kebutuhan pakan ternak. Akibatnya kondisi tersebut membuat biaya perawatan ternak sedikit mengalami peningkatan.

Salah satu peternak sapi asal dusun Gowok (Sumardi) Rabu (18/09/2019) mengatakan, kemarau yang terjadi pada tahun ini sangat terasa dampaknya. Sebab lebih panjang dibandingkan sebelumnya. Saya tiap hari mencari pakan ternak berkeliling wilayah lain demi mendapatkan rumput tetapi sulit dan suhu udara sekarang juga dirasakan sangat panas. Sehingga saya jika mencari rumput pagi atau sore hari.

Kondisi sekarang ini sangat dirasakan dampaknya oleh peternak karena kesulitan mendapatkan pakan hijau berupa rumput segar. Sebab rumput sekarang banyak ditemukan mati mengering dan tidak lagi segar. Hal itu berpengaruh pada tidak terpenuhinya kebutuhan rumput hijau bagi peternak.

"Biasanya rumput hijau mudah didapat di lingkungan disekitar seperti di pinggir sawah tapi sekarang mengering.

Seperti saat ini saya bernasib untung bisa mendapatkan pakan ternak berupa tanaman padi (jerami hijau) milik salah satu warga dari lahan sawah yang gagal panen. Namun demikian tidak setiap hari saya mendapatkan jerami. Karena setiap lahan yang gagal panen, jeraminya telah banyak diambil oleh pencari rumput dari luar wilayah dusun Gowok. Dan itu menjadi berkah tersendiri bagi mereka. Jadi kita juga harus pandai-pandai menghemat jerami untuk sumber pakan ternak. Biasanya setiap hari kalau ada jerami yang cukup saya simpan untuk cadangan pakan beberapa hari kedepan.

Sedangkan pakan hijau selain jerami berupa daun dan rumput sebagai makanan ternak sapi saat musim kemarau.

" Jika membeli pakan ternak dengan kulit kedelai sekarang mengalami kenaikan harga sekitar 5 sampai 10 persen dari biasanya. Kami nilai wajar karena memang kondisi sekarang kering, " lanjutnya.

Kenaikan harga pakan berpengaruh pada nilai jual ternak di pasaran. Namun harga tersebut masih bisa berubah apabila peternak sudah bisa mendapatkan pakan hijau dengan mudah saat musim hujan datang.

Ditemui terpisah peternak lain (Hartono) mengatakan bahwa saat ini untuk memenuhi kebutuhan pakan kambingnya tiap hari selalu mencari rumput di tepi sawah. Hanya di tempat itulah bisa dicari rumput meskipun jumlahnya sangat sedikit. "Pokoknya butuh ketelatenan dan kesabaran," ujarnya.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:252
    Kemarin:418
    Total Pengunjung:291.759
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.238.162.113
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID