Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Cegah dan Tanggulangi Stunting dengan "Emodemo"

14 Oktober 2019 13:43:23  Administrator  642 Kali Dibaca  Berita Desa

Dalam rangka pengabdian kepada masyarakat (Pengabmas) Departemen Gizi Kesehatan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FK-KMK UGM) melakukan kegiatan pendampingan stunting di desa lokus Kulon Progo, salah satunya Desa Kebonharjo. Kegiatan yang dilakukan pada Senin (14/10) di Balai Desa Kebonharjo berupa "Penyuluhan Kader Posyandu Desa Kebonharjo untuk Pencegahan dan Penanganan Stunting". Peserta penyuluhan adalah kader Posyandu se-Desa Kebonharjo didampingi Bidan Desa dan Kader Pembangunan Manusia (KPM).

Kegiatan inti dari penyuluhan yang dilakukan pihak UGM berupa dua belas model "Emotional Demonstration (Emodemo)". Emodemo merupakan demonstrasi sederhana dan menarik yang bisa dilakukan oleh para kader kesehatan untuk mensosialisasikan pola hidup bersih dan sehat dengan tujuan mencegah dan menanggulangi stunting. Dua belas model Emodemo tersebut adalah:

1. ASI saja cukup

2. ATIKA sumber zat besi

3. Cemilan Sembarangan

4. Membayangkan Masa Depan

5. Menyusun Balok

6. Jadwal Makan Bayi dan Anak

7. Siap Bepergian

8. Ditarik ke segala Arah

9. Porsi Makan Bayi dan Anak

10. Ikatan Ibu dan Anak

11. Harapan Ibu

12. Cuci Tangan pakai Sabun

Emodemo yang didemonstrasikan pada saat penyuluhan ada dua model yaitu menyusun balok dan cemilan sembarangan. Menyusun balok merupakan model demonstrasi yang bertujuan mengkampanyekan perilaku makan ibu hamil dan perilaku pemberian makan pada anak sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak. Cemilan sembarangan mendemonstrasikan bahaya cemilan sembarangan mengandung bahan yang tidak bergizi untuk anak adan ibu balita harus belajar untuk tidak memberikan cemilan tidak sehat meskipun anak menangis.

Para peserta memperoleh modul tentang emodemo yang berisi petunjuk (tata cara) melakukan emodemo. Dua belas model emodemo untuk satu tahun,  yang mana satu model didemonstrasikan  untuk satu kali pertemuan bulanan Posyandu di tiap-tiap pedukuhan. Urutan demonstrasi yang harus dilakukan para kader di pertemuan Posyandu antara lain salam pembuka dengan yel-yel gerakan rumpi sehat, mengingatkan kembali pesan kunci pada demonstrasi sebelumnya, melakukan demonstrasi, dan mengambil kesimpulan hasil demonstrasi bersama peserta.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:2.613
    Kemarin:488
    Total Pengunjung:305.547
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.189.145.20
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID