Visi Terwujudnya Desa Kebonharjo yang mandiri dan berbudaya luhur berdasarkan gotong royong dan kekeluargaan          Misi (1) Mewujudkan perekonomian mandiri dengan mengembangkan potensi sumber daya manusia dan budaya lokal .(2) Mengembangkan kepribadian masyarkat melalui pengembangan spiritual keagamaan dan budaya dengan mengedepankan heterogenitas. (3) Mewujudkan pemerintahan yang sehat, bersih dan berwibawa. (4)Mewujudkan kualitas hidup masyarkat yang maju, sejahtera dan berprestasi melalui pengembangan kelembagaan desa dan kelompok masyarakat

 

Cegah dan Tanggulangi Stunting dengan "Emodemo"

Administrator 14 Oktober 2019 13:43:23

Dalam rangka pengabdian kepada masyarakat (Pengabmas) Departemen Gizi Kesehatan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FK-KMK UGM) melakukan kegiatan pendampingan stunting di desa lokus Kulon Progo, salah satunya Desa Kebonharjo. Kegiatan yang dilakukan pada Senin (14/10) di Balai Desa Kebonharjo berupa "Penyuluhan Kader Posyandu Desa Kebonharjo untuk Pencegahan dan Penanganan Stunting". Peserta penyuluhan adalah kader Posyandu se-Desa Kebonharjo didampingi Bidan Desa dan Kader Pembangunan Manusia (KPM).

Kegiatan inti dari penyuluhan yang dilakukan pihak UGM berupa dua belas model "Emotional Demonstration (Emodemo)". Emodemo merupakan demonstrasi sederhana dan menarik yang bisa dilakukan oleh para kader kesehatan untuk mensosialisasikan pola hidup bersih dan sehat dengan tujuan mencegah dan menanggulangi stunting. Dua belas model Emodemo tersebut adalah:

1. ASI saja cukup

2. ATIKA sumber zat besi

3. Cemilan Sembarangan

4. Membayangkan Masa Depan

5. Menyusun Balok

6. Jadwal Makan Bayi dan Anak

7. Siap Bepergian

8. Ditarik ke segala Arah

9. Porsi Makan Bayi dan Anak

10. Ikatan Ibu dan Anak

11. Harapan Ibu

12. Cuci Tangan pakai Sabun

Emodemo yang didemonstrasikan pada saat penyuluhan ada dua model yaitu menyusun balok dan cemilan sembarangan. Menyusun balok merupakan model demonstrasi yang bertujuan mengkampanyekan perilaku makan ibu hamil dan perilaku pemberian makan pada anak sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak. Cemilan sembarangan mendemonstrasikan bahaya cemilan sembarangan mengandung bahan yang tidak bergizi untuk anak adan ibu balita harus belajar untuk tidak memberikan cemilan tidak sehat meskipun anak menangis.

Para peserta memperoleh modul tentang emodemo yang berisi petunjuk (tata cara) melakukan emodemo. Dua belas model emodemo untuk satu tahun,  yang mana satu model didemonstrasikan  untuk satu kali pertemuan bulanan Posyandu di tiap-tiap pedukuhan. Urutan demonstrasi yang harus dilakukan para kader di pertemuan Posyandu antara lain salam pembuka dengan yel-yel gerakan rumpi sehat, mengingatkan kembali pesan kunci pada demonstrasi sebelumnya, melakukan demonstrasi, dan mengambil kesimpulan hasil demonstrasi bersama peserta.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Kepala Desa Kasi Pembanguanan & Pemberdayaan Kaur Perencanaan & Keuangan Kaur Umum Aparatur Desa & Aset Kasi Kemasyarakatan Staff Desa Staff Desa Sekretaris Desa

Sinergi Program

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterYouTube

Lokasi Kantor Desa

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung