Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Kemarau Panjang Petani Padi Dusun Gowok Gagal Panen

13 Oktober 2019 06:00:00  Administrator  394 Kali Dibaca  Berita Desa

Kemarau panjang mengakibatkan sejumlah daerah di desa Kebonharjo Kecamatan Samigaluh mulai mengalami kekeringan. Bahkan para petani dari beberapa dusun yang ada di wilayah sekitar juga mengalami hal yang sama.

Hal tersebut dialami petani padi dari dusun Gowok desa Kebonharjo. Disebabkan karena kemarau panjang yang sudah terjadi dalam beberapa bulan terakhir. Dan menyebabkan sejumlah sejumlah sungai dan irigasi mengering sehingga menyebabkan puluhan hektar sawah gagal panen lantaran tak ada lagi pasokan air.

Selain karena kemarau panjang dan mengecilnya aliran sungai berkurang disebabkan karena di hulu diambil airnya untuk kebutuhan droping.

Seperti yang dialami oleh (Surti) ditemui diladangnya, Rabu, 18 September 2019, petani dari dusun Gowok ini hanya bisa menanam padi beberapa meter persegi atau sekitar delapan petak sawah dan mungkin besok tidak bisa memperoleh 50 karung sekali panen. Dia mengatakan dirinya mengalami terancam gagal panen akibat kemarau panjang yang tak berkesudahan. Tanaman padi yang diharapkan tidak dapat tumbuh subur, tak bisa berbuah dengan baik dan banyak yang mati.

" Semua tanaman padi saya hanya ujung-unungnya saja yang berbuah tetapi tidak bisa maksimal. Belum lagi terancam oleh predator lain seperti burung emprit dan tikus. Dan saya hanya bisa memelihara beberapa petak tanaman padi, itu saja airnya tidak cukup hanya dari sumber air yang kecil, " terangnya.

Sedangkan untuk mengantisipasi akibat gagal panen tersebut dia menanam jagung di lahan yang agak basah ditempat lain. Hal itu dilakukannya agar nanti ada sumber makanan lain selain beras.

Diunduh dari: https://www.atmago.com/post/kemarau-panjang-petani-padi-dusun-gowok-gagal-panen_91d7b0db-4509-4267-93bd-d90a4c3c90af

Ditulis oleh:

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:324
    Kemarin:2.795
    Total Pengunjung:306.053
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.220.126.5
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID