Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Serba-Serbi Kehidupan Pringtali

18 September 2019 12:57:27  Administrator  547 Kali Dibaca  Berita Desa

Padukuhan Pringtali merupakan dusun bagian dari kabupaten Kulon Progo  yang terletak di Desa Kebonharjo, Kecamatan Samigaluh. Dusun pringtali memiliki luas wilayah 73,48 hektar yang terdiri dari 1 RW dan 2 RT yakni RW 06 dan RT 15,16. dan berkependudukan 219 jiwa yang terdiri dari 72 KK dengan rata-rata kepadatan keluarga 4 orang. Menurut jenis kelamin jumlah penduduk pedukuhan terdiri dari 107 laki-laki dan 112 perempuan.

Adapun agama yang dianut oleh mayoritas masyarakat yang ada disini adalah Islam, agama yang lain adalah Kristen. Kegiatan keagamaan yang dilakukan masyarakat sekitar adalah TPA, tahlil, pengajian, dan tadarrus Al-Quran. Adat istiadat yang ada di dusun ini salah satunya adalah gotong royong. Gotong royong adalah kegiatan sosial yang biasa dilakukan oleh warga Pringtali yang meliputi bersih desa, kerja bakti, dan masih banyak kegiatan lain. Masyarakat biasanya bergotong royong membangun rumah, melayat orang meninggal serta menggali kubur, dan jika ada hajatan orang menikah warga sekitar membantu dengan menyumbang.

Mayoritas mata pencaharian masyarakat dusun pringtali yaitu pertanian dan peternakan. Lahan di padukuhan Pringtali sebagian besar adalah kebun yang ditanami pohon kelapa, cengkih dan singkong. Sektor peternakan juga sangat membantu perekonomian warga, hampir seluruh rumah memiliki rata-rata dua ternak, ternak yang dipelihara yaitu kambing dan sapi. Dilihat dari potensi wilayah tersebut banyak warga yang menggantungkan hidupnya di pertanian dan peternakan. Selain sebagai petani dan peternak banyak warga yang menggantungkan dirinya sebagai buruh tani dan buruh bangunan.

Padukuhan pringtali merupakan dusun yang sadar akan pentingnya pendidikan sehingga pemerintah Kulon Progo mendukung adanya sekolah disekitar padukuhan, didusun Pringtali sendiri memiliki TK yang bernama TK Al-hidayah dan memiliki SD yaitu SDN Kebonharjo. Rata-rata pendidikan warga dukuh Pringtali berdasarkan data dapat didiskripsikan sebanyak…. Warga tidak sekolah 43 orang, warga lulus SD 60 orang, warga yang lulus SMP 43 orang, warag lulus SMA 59 orang, Untuk pendidikan warga padukuhan Pringtali dimulai sejak dini, hal ini terbukti dengana adanya sekolah TK. Jumlah murid TK berkisar12 dan untuk murid SD dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 berkisar 50 orang.

Selain itu masyarakat disini memiliki kegiatan rutin seperti PKK, Karang taruna, UPPKS, Kelompok tani. Adapun bidang kesehatan yang sering dilakukan antara lain posyandu lansia dan posyandu balita. Kegiatan posyandu tersebut bernama posyandu Mekar Sari yang dilakukan setiap sebulan sekali di rumah kader kesehatan. Adapun kegiatan dari posyandu itu sendiri meliputi imunisasi, pemberian informasi gizi untuk anak, dan pembagian vitamin selain kegiatan tersebut kegiatan posyandu bekerjasama dengan puskesmas setempat dan juga meliputi kegiatan lansia kegiatan lansia dilakukan untuk memberikan pelatihan senam sehat. Berdasarkan jumlah data yang ada sebanyak 50 orang posyandu lansia dan 40 posyandu balita.

Mata pencaharian warga dusun pringtali mayoritas sebagai peternak dan petani. Banyak warga yang memanfaatkan lahan mereka untuk ditumbuhi tanaman pangan seperti kelapa, singkong,sayur-sayuran, jamu-jamuan. Hasil dari pertanian tersebut dapat dimanfaatkan sebagai pangan dan juga ada yang dijual langsung ke pedagang. Sementara itu dalam peternakan warga banyak yang memelihara ternak sebagai mata pencaharian adapun jenis ternak nya yaitu sapi dan kambing. Selain sebagai petani dan peternak warga dusun pringtali juga sebagai anggota desa seperti sekretaris desa, wiraswasta, dan pedagang.

Dalam sisi kerja sama dusun pringtali memiliki berbagai aktifitas kegiatan kemasyarakatan dilihat dari adanya gotong royong, pembangunan bedah rumah warga. Gotong royong dilakukan setiap seminggu sekali. Selain itu kegiatan keagamaaan seperti yasinan yang dilakukan setiap malam selasa dan malam jumat, albarjanji setiap sebulan sekali yang merupakan silaturahmi antara warga dusun pringtali.

Tidak hanya memiliki kerukunan dan keguyupan, desa Pringtali merupakan desa yang kaya akan potensi alamnya, meski memiliki kondisi alamnya yang berbukit tidak menjadi penghalang bagi masyarakat untuk berkarya dan memaksimalkan potensi yang ada disana.

Potensi adalah sesuatu hal yang dapat di jadikan sebagai bahan atau sumber yang akan dikelola dengan baik melalui usaha yang dilakukan manusia maupun yang dilakukan melalui tenaga mesin dimana dalam pengerjaannya potensi juga dapat diartikan sebagai sumber daya yang ada disekitar kita atau dengan kata lain potensi adalah kemampuan yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan.

Potensi yang dimaksud dalam hal ini adalah segala kemampuan yang ada pada Dusun Pringtali yang dapat dikembangkan. Dusun Pringtali terdapat sumber daya alam dimana potensi tersebut dapat dijadikan dalam meningkatkan perekonomian Dusun Pringtali.

Potensi di Dusun Pringtali salah satunya adalah dalam segi pertanian, dusun pringtali memiliki tanah yang subur yang terletak di dataran tinggi sehingga coock untuk ditanamami berbagai jenis tanaman. Jenis tanaman yang ditanam biasanya adalah sayur-sayuran, jamu-jamuan. Warga Dusun Pringtali belum mempunyai keahlian untuk mengolah jenis tanaman tersebut. Banyak warga yang langsung menjualnya tanpa diolah terlebih dahulu.

Keterbatasan akan akses ilmu pengetahuan serta teknologi yang menjadi kendalanya,  belum ada upaya yang dilakukan pemerintah desa terkait hal ini.

Tulisan diambil dari Laporan KKN Mercubuana pada Bulan Agustus 2019

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:63
    Kemarin:759
    Total Pengunjung:302.163
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.224.32.86
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID