Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Kades Kebonharjo menandatangani Rekomendasi Lokasi KKN Mahasiswa UAJY Angkatan 76 dengan Catatan

06 September 2019 12:10:46  Administrator  400 Kali Dibaca  Berita Desa

Kamis (5/9), Rohmad Ahmadi selaku Kepala Desa Kebonharjo menandatangani rekomendasi lokasi KKN Universitas Atma Jaya (UAJY) Yogyakarta di Desa Kebonharjo. Pelaksanaan KKN dijadwalkan pelaksanaannya pada pertengahan bulan Desember 2019 sampai dengan pertengahan bulan Januari 2020. Mahasiswa yang akan diterjunkan sejumlah 10 kelompok tersebar di 10 pedukuhan.

Penandatanganan rekomendasi dilakukan setelah sebelumnya diadakan rapat koordinasi antara pemerintah desa, dukuh, pihak kampus yang diwakili Dosen Pembimbing Lapangan, dan bhabinkamtibmas. Dalam rapat koordinasi, dukuh menyampaikan  evaluasi kegiatan KKN UAJY angkatan sebelumnya. “Mahasiswa KKN UAJY kemarin kurang berbaur dengan kegiatan masyarakat dan program kerja sudah ditentukan oleh pihak kampus sehingga pedukuhan hanya sebagai obyek tidak diberi kesempatan untuk mengajukan program yang sesuai kebutuhan,” ungkap Tariyo Dukuh Pringtali. Kepala Desa Kebonharjo menghendaki agar program kerja KKN harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan selaras dengan program di pedukuhan maupun di desa.

Wibowo, Dosen Pembimbing Lapangan menyampaikan hal-hal yang akan dilakukan pihak kampus sebagai tindak lanjut hasil evaluasi kegiatan KKN UAJY tahap sebelumnya. Pihak kampus akan menaikkan prosentase penilaian KKN dari dukuh. Penilaian akan dilakukan secara rahasia melalui Asisten DPL (ADPL) dan diserahkan ke kampus bersamaan dengan penarikan KKN di Balai Desa Kebonharjo. Beliau juga menegaskan bahwa apabila selama KKN, mahasiswa melakukan pelanggaran maka dukuh /induk semang dapat segera melaporkan ke DPL melalui ADPL. “Jika mahasiswa telah kami peringatkan tapi masih melakukan pelanggaran lagi, maka kami akan menarik mahasiswa tersebut walaupun masa KKN belum berakhir”, tegasnya.

Beberapa dukuh menyampaikan tuntutan dan saran terkait dengan rencana pelaksanaan KKN. Tumidjan, Dukuh Dangsambuh mengungkapkan, “Mahasiswa KKN harus membuat mariks kegiatan dan buku catatan kegiatan harian yang diketahui dukuh sehingga dukuh bisa memantau perkembangan kegiatan”. Kesopanan berpakaian dan berperilaku mahasiswa harus selalu dijaga selama berada di lokasi KKN. Desa Kebonharjo merupakan desa yang telah melakukan deklarasi bebas minol (minuman beralkohol) dan narkoba, sehingga menjadi larangan keras bagi seluruh warga maupun pendatang agar tidak mengkonsumsi barang larangan tersebut. Seluruh dukuh menghendaki Dosen Pembimbing Lapangan turun ke lokasi untuk melihat langsung kinerja dan aktivitas mahasiswa. Saran, masukan, dan tuntutan tersebut dilakukan guna memperbaiki kinerja KKN UAJY dan citra pihak kampus khususnya di wilayah Desa Kebonharjo.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:195
    Kemarin:388
    Total Pengunjung:307.409
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.144.48.135
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID