Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Laporan Pertanggungjawaban 2018 Merujuk pada Pemikiran Paradigma Baru Desa Kebonharjo

05 April 2019 18:24:21  Administrator  382 Kali Dibaca  Berita Desa

Pemerintah Desa Kebonharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo melakukan sidang Laporan Pertanggungan jawaban APBDES 2018 pada tanggal 23 Januari 2019 bersama Badan Perwakilan Desa (BPD). Dari realisasi penerimaan anggaran sebesar Rp. 1.795.375.093 telah direalisasikan sebesar Rp. 1.947.450.925. Penambahan pembiayaan diperoleh dari silpa tahun sebelumnya sebesar Rp. 288.865.825. Sementara tahun ini silpa menurun sebesar Rp. 126.789.993. 
Belanja desa masih difokuskan pada perbaikan infrastruktur, peningkatan kesejahteraan rakyat dan pemberdayaan masyarakat. 
Dalam pelaksanaan APBDES tahun 2018 Bidang Pembangunan memiliki serapan dana terbesar untuk peningkatan jalan yang berada di 10 pedukuhan. Telah tercapai baik volume dan kualitas kontruksi. Meskipun dalam pelaksanaan terkendala pasokan air karena musim kemarau yang lebih panjang dari tahun sebelumnya. Kegiatan padat karya terfokus pada pembuatan tiga (3) ruas jalan baru untuk meningkatkan nilai jual hasil produk pertanian berada di Dusun Pelem yang juga merupakan jalur penghubung ke wilayah Dusun Gebang melalui Pringlarangan. Di Dusun Kedunggupit pembuatan jalan baru melintasi kawasan permukiman dengan tujuan memperlancar mobilitas dan tranportasi warga, sedangkan di Dusun Gebang membuat jalan alternatif dalam rangka antisipasi dampak ancaman longsor pada ruas jalan utama Ngori Pelem-Dukuh yang hampir terjadi setiap tahunnya. 


Bidang kesejahteraan konsisten pada penurunan angka kemiskinan melalui peningktan kualitas hunian warga miskin dengan program 24 unit rumah sehat dan 36 unit jamban. Pembangunan rumah dan jamban megedepankan pada partisispasi warga dilingkungan wilayah baik tingkat RT ataupun pendukuhan melalui mekanisme kultural gotong-rotong. Penurunan angka stunting melalui penyedian asupan makanan tambahan untuk balita dan berbagai pelatihan/pembinaan pada kader dan tim Pengerak PKK. Pelatihan berupa peningkatan kapasitas adimnistrasi kader, peyuluhan stunting dan TBC dan kegiatan evaluasi pemanfaatan lahan pertanian. 
Dalam bidang pemerintahan telah terumuskan peraturan penataan tanah desa, yang akan ditindak lanjuti pada tahun 2019. Kebijakan tanah desa berupa penataan makam akan dimulai dari Makam Budho, Makam Kaliduren dan Makam Munggang Gesikan. Dalam hal kemandirian desa dimulai dengan optimalisasi pendapatan dari tanah desa dengan pembuatan model perkebunan buah durian dan pala di Mencon Dusun Kaliduren dan Munggang Gesikan Dusun Gebang. 
Di tahun 2018 juga dibentuk Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) dan telah dilakukan peningkatan kapasitas untuk anggota forumnya, melalui berbagai pelatihan dan study banding baik dalam dan luar negeri. 
Dalam Bidang Keuangan dan Perencanaan Desa telah mampu menjalankan siklus keuangan desa dimana tahapan penyusunan APBDes dari musduk, musdes sampai penetapan APBDes telah sesuai dari waktu yang ditetapkan. Keuangan desa telah menggunakan aplikasi Siskeudes pada tahapan perencanaan dan ditingkatkan pada pentausahaan dan evaluasi di tahun 2019. Penerimaan PAD pada tahun 2018 meningkat dari target yang direncanakan mencapai. Penambahan tersebut dari sewa tanah dan layanan ambulan desa. Tahun 2019 ditargetkan PAD diangka 30 juta. 
Untuk Urusan Umum, Aparatur Desa dan Aset lebih ditekankan pada pelayanan maksimal untuk masyarakat, inventarisasi aset desa dan Sistem Informasi Desa. Peningkatan pelayanan telah dibentuk tim untuk memberikan pelayanan masyarakat dan kepastian jam pelayanan. Dukuh juga terlibat masuk kantor untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Inventarisasi aset telah mampu menginventarisir kekayaan desa mencapai Rp. 109.831.092.203. 
Sistem Informasi Desa mengembangkan dua aplikasi utama desa berupa Prodeskel untuk data penduduk dan SID untuk efektivitas pelayanan masyarakat. SID juga memberikan layanan informasi perkembangan desa dalam bentuk media online baik tulisan dan chanel youtube. 
Selain program pemerintah juga di bahas program sektoral atau program yang masuk di desa mencapai Rp. 3.346.540.000 berupa bantuan untuk pembangunan jalan di ruas Ngori-Pelem Dukuh, Bedah Menoreh di Dusun Gowok, Saluran Irigasi di Dusun Kaliduren dan Dusun Kleben, Rumah tidak layak huni, jambanisasi dan bantuan pangan nontunai. 

Sistem Informasi Desa Kebonhajo

 #desakebonharjo 

Dikutip dari: www.atmago.com/posts/laporan-pertanggungjawaban-2018-merujuk-pada-pemikiran-paradigma-baru-desa-kebonharjo_post_id_7a9f07ea-9c96-411e-b584-a619e87f740d?attach=49036

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:879
    Kemarin:488
    Total Pengunjung:303.813
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.145.163.58
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID