Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Sosialisasi Pemilihan BPD Desa Kebonharjo di Dusun Gowok

10 Oktober 2019 19:10:10  Administrator  385 Kali Dibaca  Berita Desa
Panitia Pemilihan BPD (Badan Perwakilan Desa) Desa Kebonharjo Kecamatan Samigaluh Kulon Progo melaksanakan sosialisasi pemilihan BPD Desa Kebonharjo periode 2020-2026 di Dusun Gowok Kebonharjo Samigaluh. K.P. Kamis (10/10/2019). Sosialisasi dihadiri oleh masyarakat dusun Gowok. Anggota Panitia Pemilihan BPD Desa. Dan perangkat desa.

Sebelumnya dukuh Gowok (Sunardi) terlebih dahulu membuka acara sosialisasi dengan berdoa menurut agama dan kepercayaan masing. Dan kemudian menyerahkan acara kepada pamong desa dan panitia.

Dalam sosialisasi tersebut Sekdes Kebonharjo (Dwi Budiatun) menyampaikan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang sistem pemilihan anggota BPD sesuai Undang-Undang yang sudah disepakati di desa Kebonharjo, pelaksanaan pemilihan BPD dilakukan melalui tata cara pemilihan langsung. Atau dengan cara mencoblos nama bakal calon BPD. Ini tentu hal baru. Beliau menyampaiakan bahwa pemilihan BPD yang akan berlangsung atau dilaksanakan serentak di Desa Kebonharjo. Untuk Dapil 1 Gowok dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 21 Desember 2019. Dimulai pukul :08.00 - 12.00 WIB.
Menurutnya peran BPD sangat strategis yaitu mendorong dan menyalurkan aspirasi masyarakat serta mewujudkan tata kelola pemerintahan desa yang baik. Saat ini Desa Kebonharjo memiliki 7 anggota BPD yang akan memasuki purna jabatan di tahun 2020 mendatang. Sehingga harapanya dalam tahun yang sama akan segera mendapat anggota BPD baru. Sedangkan jumlah anggota BPD baru nantinya juga sebanyak 7 orang. Yaitu harus memiliki 2 unsur : 1 keterwakilan perempuan & 1 keterwakilan wilayah. Sehingga pada saat pencoblosan/pemilihan nantinya perempuan mempunyai dua hak pilih. Satu memilih calon BPD menurut wilayah tinggalnya dan memilih satu keterwakilan perempuan.

Dalam sosialisasi tersebut salah satu warga menanyakan tentang "Sejauh mana peran dari perwakilan BPD perempuan di Desa Kebonharjo nantinya ? Apakah dengan sistem pemilihan ini bisa efektif dalam mengawal program pembangunan desa nantinya ? Pertanyaan tersebut langsung di jawab oleh Dwi Budiatun bahwa tugas dari perwakilan BPD perempuan adalah untuk mengawal aspirasi dari kaum perempuan di Desa Kebonharjo. Hal ini tentu efektif karena tidak ada lagi perbedaan gender soal jenis kelamin, namun saling melengkapi dan berjuang bersama dalam membawa aspirasi masyarakat saat ini. Perkembangan jaman era globalisasi kiranya kaum perempuan mampu tampil sebagai pemimpin di masyarakat umum. Berani berjuang untuk masyarakat. Sehingga SDM saat ini akan lebih komplit manakala perempuan juga mempunyai ruang yang sama dalam mengemban amanah rakyat. seperti saya juga berani berjuang " pungkasnya ".

Ditambahkan pula bahwa pendaftaran BPD akan dibuka pada minggu ini. Sehingga harapanya seluruh warga mulai bisa mencari siapa calon BPD baru. Atau paling tidak hal ini menjadi ruang belajar demokrasi masyarakat secara sederhana.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:2.572
    Kemarin:488
    Total Pengunjung:305.506
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.225.209.95
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID